Type something and hit enter

By On
advertise here
Setiap binatang, lebih-lebih burung umumnya akan melalui sebuah proses pergantian bulu ataupun dikenal yang dengannya sebutan moulting dalam bahasa asing, serta mabung dalam bahasa jawa. Tidak banyak berbeda yang dengannya burung kicau lain-lainnya, tatkala berubah bulu (mabung), burung Jalak Suren umumnya tak berubah bulu secara total melainkan cuma sebagian saja.
Proses pergantian bulu ataupun yng dikenal yang dengannya sebutan mabung yang telah di sebutkan butuh perhatian khusus dari pemiliknya. Baik itu perawatan, pemberian makanan serta vitamin yng dibutuhkan (baca: makanan jalak suren).
jalak suren mabung, jalak suren molting
Tanda-ciri Burung Mabung
Burung mabung umumnya ditandai yang dengannya rontoknya bulu bulu dalam jumlah yng tidak banyak ataupun tidak sedikit. Bulu-bulu yang telah di sebutkan lantas akan digantikan yang dengannya bulu baru yng lebih tidak jelek alias bagus.
Pergantian bulu yng pertama umumnya akan berlangsung pada tatkala burung berusia remaja ataupun pada tatkala burung yang telah di sebutkan menginjak usia dewasa.
A. Fase Pertama
Masa mabung yng pertama akan merontokkan bulu bulu burung serta lantas digantikan yang dengannya bulu baru yng butuh tidak sedikit protein. Menjadikan, kita Perlu tetap memberikan suplai makanan yng memiliki kandungan tidak sedikit protein semisal jangkrik ataupun makanan lain-lainnya yng memanglah dikhususkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung.
B. Fase Kedua
Tatkala bulu-bulu burung telah mulai tumbuh serta terlihat lebih kuat umumnya burung butuh protein yng memiliki kandungan asam amino bagi atau bisa juga dikatakan untuk membangun sel. Oleh karena itu, makanannya pun Perlu diimbangi yang dengannya makanan yng tidak sedikit memiliki kandungan protein lebih-lebih yng memiliki kandungan keratin yng akan pertumbuhan bulu semakain lancar.
Yang dengannya kata lain, selama proses mabung burung butuh energi sampai-sampai dua kali lipat lebih tidak sedikit dibandingkan yang dengannya energi yng dibutuhkan pada hari-hari umumnya.
Lama Pergantian Bulu
Pergantian bulu pada burung ataupun mabung umumnya berlangsung antara 6 ataupun 7 minggu. Selama proses pergantian bulu pada beberapa faktor yng bisa memberi pengaruh diantaranya merupakan:
a. Cuaca
b. Pemberian makan
c. Umur burung, serta
d. Kadar hormon yng dimilikinya.
Pemberian makanan yng tidak lebih tepat, misalnya makanan yng tak bergizi bisa memicu beberapa masalah semisal: burung sakit ataupun di kenai virus serta parasit. Ataupun bulu burung menjadi tak tidak jelek alias bagus semisal gampang patah, terlihat berwarna kusam, keriting ataupun melintir dan juga lain-lainya.
Tips Merawat Burung Mabung
Berikut merupakan satu dari sekian banyaknya tips bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi supaya makanan burung tetap bergizi dan kebutuhan protein tetap terpenuhi selama proses mabung.
Pertama, kita Perlu mempersiapkan beberapa bahan yang akan di sajikan kali ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuatkan makanan ekstra (EF).
Bahan
1. Kacang tanah yng telah ditumbuk ataupun dihaluskan.
2. Tepung tulang ikan ataupun kamu pula mampu mendapatkannya di toko-toko burung yng telah jadi.
3. Tepung udang. Tatacara pembuatannya, udang berlebi dahulu dikeringkan ataupun dijemur ataupun kamu pula mampu mempergunakan Oven lantas ditumbuk sampai-sampai halus.
4. Sediakan satu butir telur ayam ataupun telur bebek.
5. Tepung daging sapi.
6. Voer bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam
Tatacara Pembuatan
1. Campuran tepung tulang ikan, tepung udang, tepung kacang tanah serta tepung daging sapi dalam sebuah wadah, lantas diaduk sampai-sampai rata.
2. Sesudah itu masukkan voer ayam. Aduk sampai-sampai rata.
3. Ambil satu butir telur lantas aduk sampai-sampai rata lantas masukkan serta campuran yang dengannya bahan-bahan sebelumnya.
4. Sesudah diaduk serta dicampur sampai-sampai rata. Selanjutnya mampu dijemur yang dengannya menempatkannya di bawah sinar matahari ataupun dikeringkan yang dengannya mempergunakan Oven.
5. Sesudah kering, bahan makanan yang telah di sebutkan lantas digoreng yang dengannya api tengah serta gunakanlah minyak yng tak terlalu tidak sedikit, cukup bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat supaya pakan tak lengket di wajan.
6. Goreng sampai-sampai kering ataupun di sangrai yang dengannya api tengah.
7. Sesudah itu pindahkan makanan yang telah di sebutkan di wadah yng tertutup serta mampu diberikan sehari-hari selama burung mabung.
Yng Butuh Diperhatikan
Selama mabung ataupun berubah bulu, burung sebaiknya tak dimandikan serta hindarilah gangguan-gangguan baik dari kamu ataupun dari binatang yng lain-lainnya. Tempatkan burung di tempat yng tenang serta terhindar dari pemangsa ataupun jauh dari bunyi berisik.
Bila butuh berikan vitamin tambahan yng berfungsi membantu mempercepat proses mabung secara aman, yakni yang dengannya obat herbal OrBird.
Demikian sekilas sharing mengenai perawatan burung jalak suren mabung, mudah-mudahan tulisan atau artikel ini menambah wawasan bagi kita seluruh (baca: tanda jalak suren jantan serta betina).

Sumber rujukan dan gambar : http://www.budidayakenari.com/2015/10/jalak-suren-mabung.html.