Type something and hit enter

By On
advertise here
Tahukah kamu bahwasanya burung nuri pula mempunyai jenis yng tidak jelek alias bagus serta ternama, yakni burung nuri bayan. Nuri bayan salah satunya jenis nuri yng diminati tidak sedikit orang berkat keindahan fisiknya dan kepintarannya dalam berkicau.
Burung Nuri Bayan mempunyai ukuran tubuh cukup besar mencapai 43 cm serta salah satunya kedalam burung paruh bengkok. Burung ini kebanykan didapati di Irian, Australia, Papua Nugini, Kepulauan Maluku serta Kepulauan Solomon.
nuri bayan
Tanda-ciri Nuri Bayan
Burung ini mempunyai warna bulu yng cukup cerah. Tanda-ciri utama burung ini diantaranya merupakan, paruhnya berwarna hitam lantas di bagian kepala sampai-sampai dada serta leher didominasi warna merah. Warna biru terlihat di bagian perut serta bagian punggung. Sedangkan bagian ekor serta sayap didominasi warna merah serta terdapat warna biru di bagian pinggirnya. Kaki burung ini berwarna hitam keabu-abuan.
Tempat asal burung Nuri Bayan
Pada biasanya, burung ini Suka didapati di pinggir hutan serta hutan hujan. Seringkali membuat sarang di lubang-lubang pohon serta Suka pula terlihat mencari makan berupa biji-bijian, kacang serta buah-buahan.
Perawatan serta penangkaran
Nuri Bayan yng mempunyai 9 sub spesies serta tersebar di aneka macam tempat ini semisal: Sunda Kecil salah satunya NTT, Nusa Tenggara Barat, Bali, Maluku, Papua serta Kepulauan Solomon. Mempunyai daya tarik yakni pandai menirukan bunyi kita-kita serta bunyi burung lain.
Akan tetapi, burung ini pula mempunyai beberapa kekurangan semisal, Suka membunuh anaknya yng masih kecil andai berjenis kelamin jantan lantaran beberapa faktor pemicu.
Perawatan
Sehari-hari, burung ini mampu diberikan biji-bijian (jagung muda) serta buah-buahan (apel, pepaya, pisang) dan multivitamin (birdVit) supaya selalu sehat serta mempunyai bulu yng tidak jelek alias bagus. Sesekali mampu pula diberikan buah wortel, brokoli ataupun kangkung. Sebisa barangkali hindari buah coklat serta pemberian buah alpukat lantaran mampu menjadi racun bagi burung yang telah di sebutkan.
Penangkaran
Lantaran berukuran cukup besar, burung setidaknya Perlu mempunyai sangkar berukuran 1 meter x 1 meter x 2 meter bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengakomodasi tubuhnya yng besar yang telah di sebutkan. Burung Nuri Bayan andaikan telah berusia dua tahun umumnya telah mulai berproduksi serta menghasilkan telur andaikan dipasangkan.
Selain terkenal gampang jinak serta gampang akrab yang dengannya kita-kita, burung ini pula terkenal Amat gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijodohkan.
Pengembangbiakan Nuri Bayan
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengembangbiakan jenis burung ini tentunya kita butuh burung jantan serta betina yng setidaknya berusia dua tahun. Proses perjodohan sebetulnya tak terlalu susah mengingat burung ini bukanlah burung monogami layaknya Lovebird. Begitu pula yang dengannya burung betina, terkadang melakukan poliandri menjadikan peternak cenderung tak kesulitan mencari pasangannya.
Andaikan kamu ingin berternak, ukuran sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk satu pasang burung Perlu cukup besar misalnya berukuran 1.25 x 1.25 x 2 meter. Hal yang telah di sebutkan dimaksudkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan keleluasaan kepada burung.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh hasil yng lebih maksimal, sebetulnya 1 burung betina mampu dipasangkan yang dengannya dua burung jantan di dalam satu sangkar lebih-lebih andaikan kamu ingin menaikan produktivitas.
Pada tatkala burung telah mulai dipasangkan, ada baiknya kamu memberikan aneka macam suplemen serta vitamin bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan kualitas telur serta keturunannya. Selain itu, dibutuhkan pula beberapa makanan khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan fertilitas.
Di dalam sangkar sediakan glodok berukuran 35 cm x 25 cm x 20 cm menjadi tempat bagi atau bisa juga dikatakan untuk bertelur. Glodok yang telah di sebutkan sebaiknya diberikan serpihan sabut kelapa supaya tak umumnya induk betina akan bertelur sebanyk dua 2 butir serta dierami selama tidak lebih lebih 28 hari. Pada tatkala burung betina mengerami telurnya, makanan yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk diberikan terhadap burung-burung yang telah di sebutkan antara lain buah-buahan serta sayur-sayuran. Burung Nuri jenis Bayan yng masih muda mampu diambil ataupun dipanen seusai berusia 12 minggu.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.budidayakenari.com/2015/11/nuri-bayan.html.