Type something and hit enter

By On
advertise here
Pleci merupakan jenis burung kicau yng tidak sedikit disukai oleh Kicaumania. Pasalnya, selain mempunyai bunyi yng khas, Ia pula mempunyai penampilan yng unik. Dan satu dari sekian banyaknya hal unik yng dimiliki Pleci merupakan kacamata yng Ia pakai. Kendati corak kulit yang telah di sebutkan cuma menirukan bentuk kacamata, akan tetapi hal ini menjadikan burung ini disebut yang dengannya burung kacamata.
Berbicara mengenai Pleci, pernahkah Kamu mengamati kondisi kebugaran atau kesehatan burung ini? Ataupun, apakah Kamu tahu apa penyakit yng kerap menjangkiti burung ini? Butuh Kamu ketahui, dari beberapa penyakit yng kerap diderita Pleci, penyakit nyilet ataupun kuruslah yng paling umum diderita Pleci. Lantas, apa itu nyilet? Dan, apa saja sih ciri-ciri Pleci nyilet dan kurus?
pleci kurus, pleci nyilet
Apa itu Nyilet?
Nyilet merupakan keadaan dimana kondisi tubuh Pleci mengalami hal yng tak wajar. Biasanya andai seekor Pleci mengalami hal ini, Ia akan mempunyai tulang yng menojol ke depan, ataupun yng biasa pula disebut membusung. Ia pula akan terlihat lemas dan pada kondisi paling parah, Ia cuma mampu terkulai lemas di dasar sangakar saja.
Dasarnya memang hal ini karenakan oleh beberapa hal, semisal:
1. Kekurangan gizi
2. Kekurangan porsi makanan
3. Tubuh Pleci teracuni oleh jenis logam berat
4. Pleci menderita cacingan
5. Pleci tengah menderita penyakit gondok
Cara Mengatasi Nyilet dan Kurus Pada Pleci
Dasarnya memang, tips mengatasi Pleci nyilet dan kurus sendiri tak jauh berbeda yang dengannya tips yng dipakai pada jenis burung lain, semisal Lovebird, Kenari, dan beberapa burung kicau lain-lainnya.
Adapun tips yng mampu di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengobati nyilet itu sendiri merupakan menjadi berikut:
1. Tempatkan Pleci pada sangkar karantina dan jangan tidak ingat tutup sangkar yang telah di sebutkan yang dengannya kerodong.
2. Hentikan aktivitas berjemur dan mandi burung selama proses penyembuhan ini berlangsung
3. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempercepat penyembuhan, berikan asupan multivitamin memiliki kandungan nutrisi yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk tubuh Pleci
4. Berikan obat nyilet pada Pleci, obat yang telah di sebutkan mampu Kamu dapatkan di toko burung terdekat
5. Bersihkan sangkar Pleci hingga bersih dan bebas dari macam-macam kotoran
Supaya proses ini berjalan yang dengannya optimal, sebaiknya imbangi tips bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatai Pleci nyilet ini yang dengannya pemberian asupan pakan yng bernutrisi. Selain itu, berikan pula Ia perawatan yng intensif. Pasalnya, kondisi semisal ini merupakan kondisi yng butuh perhatian ekstra. Untuk itu, andai Pleci Kamu menderita penyakit sejenis, maka rawatlah Ia yang dengannya perawatan yng intensif dan benar.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.budidayakenari.com/2016/04/cara-mengatasi-pleci-nyilet-dan-kurus.html.