Type something and hit enter

By On
advertise here
Burung cucakrowo ataupun cucakrawa adalah satu dari sekian banyaknya anggota suku merbah. Merbah ataupun disebut pula cucak-cucakan (familia Pycnonotidae) merupakan suku burung pengicau dari Afrika serta Asia tropis. Burung-burung ini kebanykan mempunyai bunyi yng merdu serta nyanyian yng beraneka ragam, kerap kali hutan menjadi ribut oleh suaranya lebih-lebih di pagi serta petang hari. Dalam bahasa Inggris, burung-burung ini dikenal menjadi Bulbuls.
Merbah aslinya dalam bahasa Melayu merujuk kepada beberapa jenis burung pengicau yng berbulu suram di semak belukar, salah satunya juga jenis-jenis burung pelanduk, tepus, bentet serta lain-lain. Di sini, bagi atau bisa juga dikatakan untuk kepentingan standarisasi penamaan semisal yng dipakai LIPI, merbah dipakai dibatasi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyebut burung-burung dari keluarga Pycnonotidae. Selain disebut merbah, burung-burung dari suku ini mempunyai beberapa sebutan umum yng lain semisal cucak (Jawa); tempuruk, empuruk; tempulu’, empulu’, pampulu, empuloh (aneka bahasa Melayu di Sumatera serta Kalimantan); serta lain-lain.
Berukuran tengah, burung-burung ini umumnya bertubuh tengah agak ramping, leher pendek, serta ekor agak panjang. Kerap kali bermisai halus.
Sebagian spesiesnya mempunyai warna-warni yng cerah: kuning, jingga, merah, pada dada, perut ataupun seluruh tubuhnya. Namun kebanykan berwarna suram coklat zaitun, keabu-abuan ataupun kekuningan, yang dengannya warna kuning, jingga ataupun merah di pantatnya. Jantan serta betina berwarna sejenis.
Beberapa yang dengannya warna hitam di kepala, jambul yng bisa digerak-gerakkan, ataupun janggut putih.
Merbah lebih-lebih merupakan burung pemakan buah-buahan serta serangga. Di hutan, kebanykan burung ini senang menjelajah semak belukar serta hutan yng 1/2 terbuka, memetik aneka buah kecil-kecil serta memburu serangga. Walau sebagian lagi lebih senang tinggal di atas pepohonan.
Suka didapati berpasangan ataupun berkelompok, burung-burung ini terkadang bercampur yang dengannya jenis yng lain. Ramai bersuara nyaring saling memanggil.
Merbah membuat sarang di atas pohon ataupun perdu, berbentuk cawan dari rumput, tangkai daun, ataupun serpihan daun, bercampur yang dengannya serat-serat yng lain. Telur 2-3 butir.

About ALAMSYAH SHARIF

This is a short description in the author block about the author. You suting it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

Sumber rujukan dan gambar : http://bandarkicau.blogspot.com/2014/12/umum-cucak-rowo.html.