Type something and hit enter

By On
advertise here
Burung Nuri Ambon ataupun yng biasa dikenal yang dengannya nama burung Nuri Raja Ambon mempunyai nama ilmiah Alisterus Amboninensis. Sesuai namanya, burung ini tidak sedikit didapati di Maluku serta ditetapkan menjadi burung identitas Provinsi Maluku.
Tanda-ciri burung cantik ini, mempunyai tubuh berukuran cukup panjang sekitar 35 cm pada tatkala telah dewasa. Bobotnya mampu mencapai 145 sampai-sampai 165 gram. Bagian kepala sampai-sampai leher burung ini didominasi warna merah. Lantas paruhnya berwarna hitam. Bagian sayapnya berwarna hijau, serta bagian punggung dan ekor warna biru terang serta biru dongker.
nuri raja ambon, nuri ambon
Tempat asli serta Makanan Nuri Ambon
Seringkali burung ini didapati di hutan sekunder ataupun dipinggir-pinggir hutan serta di perkebunan. Makanan yng disukainya diantaranya merupakan biji-bijian semisal jagung muda, lantas buah-buahan semisal buah pisang, pepaya ataupun apel. Burung ini pula menyukai nektar bunga.
Andai masih anakan ataupun masih muda, kamu mampu memberikannya makanan berupa air gula. Tips membuatnya: Pertama siapkan air matang tidak lebih lebih seperempat gelas lantas tambahkan 2 sendok makan gula lantas aduk sampai-sampai rata serta berikan setiap 2 ataupun 3 jam.
Reproduksi
Di alam liar, burung Nuri Raja Ambon umumnya kawin pada bulan Februari sampai-sampai bulan April serta menghasilkan 2 butir telur serta umumnya dierami selama tidak lebih lebih 26-28 hari. Anak burung umumnya akan di awasi serta diberikan makan oleh induknya selama tidak lebih lebih enam minggu.
Penangkaran serta perawatan
Bagi kamu yng mempunyai ide bagi atau bisa juga dikatakan untuk menangkar sendiri burung ini, sangkar yng Perlu disediakan berukuran cukup besar sekitar 100 cm x 100 cm x 200 cm. Meskipun terkesan simpel akan tetapi sangkar yang telah di sebutkan telah mampu mengakomodasi dua burung sekalian. Andai kamu berencana membuat burung yang telah di sebutkan lebih produktif, kamu mampu memberikan ukuran sangkar yng lebih besar serta memasukkan dua burung jantan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengawini 1 burung betina (poliandri).
Perawatan Nuri Ambon
Merawat burung pintar (Nuri Raja Ambon) yng pandai menirukan bunyi kita-kita ataupun bunyi burung lain ini sebetulnya tak terlalu susah, yng butuh di lakukan hanyalah menjaganya dari pemangsa serta membersihkan kandangnya secara rutin.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.budidayakenari.com/2015/11/nuri-ambon.html.