Type something and hit enter

By On
advertise here
Burung Cucak Jenggot Suka diikutsertakan dalam banyak sekali lomba burung kicau. Menjadikan tak mengherankan kita andaikan tak akan kesulitan menjumpai burung yang telah di sebutkan di tidak sedikit tempat, baik pada peternak (breeder) ataupun penghobi (baca: tips merawat cucak jenggot).
Harga burung ini meskipun tak begitu tidak murah, akan tetapi mempunyai tidak sedikit kelebihan (lihat: harga cucak jenggot). Mulai dari suaranya dan pula ciri-ciri fisiknya yng unik. Dinamakan Cucak Jenggot lantaran burung ini mempunyai jenggot.
cucak jenggot jantan, cucak jenggot betina
Bagi kamu yng tertarik bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengembangbiakan Burung Cucak Jenggot, tentu kamu butuh sepasang jantan dan betina bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijadikan menjadi induk burung yng akan di kembang biakan. Akan tetapi, menjadi burung monomorfik ataupun burung yng sulit dibedakan antara burung jantan dan betina, kamu butuh keahlian khusus ataupun kejelian dalam memilih dan melihat ciri-ciri burung jantan dan betina.
Selain dijadikan menjadi indukan, pemilihan jenis kelamin pula dimaksudkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempersiapkan burung yng akan dijadikan menjadi gacoan. Lantaran umumnya burung jantan mempunyai stamina dan bunyi yng lebih baik dibandingkan yang dengannya burung betina. Meski demikian, bukan berguna burung betina mampu dipandang sebelah mata. Andaikan dirawat yang dengannya baik dan di awasi makanannya, diluar dugaan burung betina pula tak kalah gacor-nya yang dengannya burung jantan.
Perbedan Cucak Jenggot Jantan dan Betina
Berikut merupakan perbedaan dan ciri-ciri lengkap antara Cucak Jenggot (CJ) jantan dan betina.
A. Bunyi
Cucak Jenggot jantan pada biasanya mempunyai bunyi yng tak monoton ataupun lebih bervariasi dibandingkan yang dengannya burung betina.
B. Warna Bulu
Burung jantan mempunyai bulu dada berwarna kuning yng terlihat lebih mayoritas dibandingkan yang dengannya burung betina. Pada burung betina, umumnya bulu di bagian dada kebanykan berwarna putih.
C. Bentuk Body
Bentuk bodi ataupun bentuk fisik burung jantan umumnya lebih simetris ataupun lebih proporsional dibandingkan yang dengannya burung betina yng tampak bulat dan berisi. Burung betina terlihat berisi menjadikan andaikan dilihat, sekilas tampak pendek dan gemuk ataupun bulat.
D. Reaksi
Selain ciri-ciri didasari bunyi ataupun tanda fisiknya, diluar dugaan burung jantan dan burung betina CJ mampu dibedakan didasari reaksinya ataupun kebiasaannya andaikan didekatkan yang dengannya burung lain.
Burung Cucak Jenggot betina andaikan dihadapkan yang dengannya Burung CJ lain-lainnya, mempunyai kebiasaan menggetarkan sayapnya. Berbeda yang dengannya burung jantan yng tak bereaksi yang dengannya menggetarkan sayapnya.
Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung yng telah dewasa, misalnya telah berusia 8 bulan, umumnya burung betina telah mampu melakukan reproduksi ataupun bertelur (baca: ternak cucak jenggot).
Perbedaan ciri-ciri fisik Cucak Jenggot dan betina yang telah di sebutkan merupakan pandang-an umum yng Suka dijadikan menjadi acuan. Meski demikian, setiap orang barangkali mempunyai metodenya sendiri-sendiri dalam membedakan antara burung jantan dan betina.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.budidayakenari.com/2015/09/cucak-jenggot-jantan-dan-betina.html.