Type something and hit enter

By On
advertise here
Beternak burung kenari adalah aktifitas yng menyenangkan serta menguntungkan. Dalam beternak kenari kamu akan memperoleh pengalaman bernilai, disamping hobi kamu tersalurkan kamu pula akan mandapatkan keuntungan dari hasil penjualan anakan kenari nantinya. Tidak sedikit peternak kenari yng menjadikan budidaya kenari ini menjadi lahan usaha lantaran penangkaran kenari memiliki prospek tidak jelek alias bagus serta menjanjikan. Tentunya burung kenari memiliki nilai jual yng tinggi. Harga kenari dari waktu ke waktu sering stabil, mulai dari harga ratusan ribu sampai-sampai puluhan juta rupiah, menjadikan tatkala ini tidak sedikit pemula yng ingin berhasil ternak burung kenari.
Kenapa ternak burung kenari?, Burung kenari tatkala ini menjadi satu dari sekian banyaknya burung favorit sepanjang masa bagi kalangan pecinta burung di tanah air. Burung kenari adalah burung pemakan biji-bijian, mempunyai postur yng relatif kecil serta mempunyai corak warna bulu yng indah dan alunan kicauan nya yng mengalun serta merdu, menjadikan bisa menyenangkan hati pemiliknya. Burung ini pula adalah burung lomba yng peminatnya Amat ramai sekali.
Cara Ternak Burung Kenari Bagi Pemula Paling Lengkap
www.bandarkicau.blogspot.com

Bagi pemula, Kami sarankan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengawali ternak kenari lokal ataupun kenari kecil dulu, lantaran relatif lebih gampang dibanding ternak kenari postur ataupun kenari besar semisal yorkshire,F1,F2 serta F3. Akan tetapi bila memungkinkan tak masalah kamu mengawali ternak kenari besar. Bagi sobat kenari mania yng ingin segera mengawali ternak burung kenari, berikut kami bagikan tatacara tatacara ternak kenari bagi pemula paling lengkap, Silakan kamu simak cara-caranya di bawah ini:
1. Membedakan Kelamin Pada Burung Kenari
Menjadi calon peternak ataupun peternak pemula sobat Perlu mampu membedakan kenari jantan serta kenari betina. Apa jadinya bila kenari yng kamu ternak sama-sama jantan ataupun sama-sama betina he..he.. Memanglah awal mulanya terasa susah menentukan jenis kelamin burung kenari akan tetapi lama-lama kamu akan paham yang dengannya sendirinya. Cara membedakan jenis kelamin kenari yng telah dewasa:
JANTAN
  • Kloaka ataupun dubur menonjol, tegak lurus ataupun vertikal.
  • Berbunyi ngerol serta nyaring
  • Bodi ataupun tubuh nya sering ramping memanjang, leher lebih panjang.
BETINA
  • Kloaka ataupun dubur tak menonjol namun datar.
  • Berbunyi namun tak ngerol, ada pula yng ngerol namun tak nyaring serta putus2.
  • Bodi ataupun tubuh nya sering agak bulat serta leher lebih pendek.

2. Mengetahui Usia Kenari Serta Kesiapan Kenari
Usia kenari serta kesiapan kenari menjadi faktor penting berhasil ataupun tak nya dalam proses penangkaran burung kenari. Kenari yng telah siap diternak idealnya usia 6 bulan bagi atau bisa juga dikatakan untuk kenari betina serta 8 bulan bagi atau bisa juga dikatakan untuk kenari jantan. Akan tetapi bagi atau bisa juga dikatakan untuk kenari postur ataupun besar semisal keturunan kenari yorkhire idealnya usia 10 bulan ataupun lebih.
TIPS:
Kenari yng tengah diternak pastikan dalam kondisi birahi, lantaran ada kalanya kenari yng telah cukup umur akan tetapi tak birahi, menjadikan susah diternak lantaran susah berjodoh. Serta kenari Perlu dalam kondisi sehat.
CIRI-CIRI KENARI BIRAHI:
Kenari jantan : Suka berkicau ataupun gacor terkadang terlihat menabrak jeruji sangkar. Melompat-lompat ke kanan ke kiri dibagian dasar sangkar kadang sembari berbunyi. Kenari jantan berbunyi nyaring yang dengannya gayanya menurunkan sayap 1/2 badan di atas tangkringan.
Kenari betina : Suka bunyi cuit memanggil kenari jantan. Merobek koran ataupun kertas yng ada di dalam sangkar. Serta Suka ngeleperkan sayap nya.
3. Perhatikan Sangkar Kenari Serta Sarana Penunjang Lain-lainnya
Sesudah sobat menyiapkan sepasang kenari yng telah siap diternak. Langkah berikut nya merupakan menyiapkan sangkarnya. Tip memilih sangkar kenari ternak, pertama pilihlah sangkar box khusus ternak kenari, pengganti kedua mempergunakan sangkar yng bagian tengahnya ada penyekatnya menjadikan membuat mudah tatkala proses penjodohan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk sangkar kenari jantan sebaiknya mempergunakan sangkar gantung yng agak besar semisal sangkar kos-kosan lantas letakanlah sangkar yang telah di sebutkan ditempat yng aman serta tenang.
Kebutuhan makanan kenari yng baik butuh diperhatikan, agar bisa proses ternak kenari berjalan yang dengannya lancar serta sesuai harapan. Makanan kenari adalah berupa biji-bijian semisal biji kenari/kenari seed, biji sawi, millet, sayuran berupa sawi ijo, sawi putih,timun serta buah apel, tak tidak ingat air minum selalu tersedia di dalam sangkar. Menjadi tambahan diberikan telur rebus. Telur rebus yng diberikan telur puyuh ataupun telur ayam bila butuh tambahkan pula multivitamin khusus ternak kenari.
4. Proses Penjodohan
Dalam proses ternak kenari tak lepas dari proses penjodohan. Penjodohan kenari merupakan proses memperkenalkan kenari jantan yang dengannya kenari betina ataupun sebaliknya. Kenari jantan serta betina ditempatkan pada sangkar berbeda kecuali mempergunakan sangkar yng ada penyekatnya, kenari jantan serta serta betina cuma terbatas oleh penyekat yang telah di sebutkan. Akan tetapi di artikel ini kami akan membahas beternak kenari mempergunakan sangkar box khusus ternak burung kenari.
Sangkar box khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk kenari betina.
Sangkar gantung bagi atau bisa juga dikatakan untuk kenari jantan.
TIPS MENJODOHKAN KENARI:
  • Dekatkanlah kedua sangkar yang telah di sebutkan, kenari betina yng ada pada sangkar box serta kenari jantan yng ada pada sangkar gantung. Idealnya proses penjodohan ini 3 hari.
  • Selama proses penjodohan sebaiknya kenari jantan serta betina dijemur dalam sangkar terpisah (07.00 - 09.30) sebaiknya kedua kenari dijemur berdekatan.
  • Kenari diberikan makanan bergizi semisal telor puyuh, sayuran, apel serta multivitamin. Pemberian sebaiknya selang seling supaya kenari tak bosan.
  • Pastikan kenari tak gemuk, Bila kenari gemuk akan menghambat proses penjodohan. Cara mengetahui kenari yng gemuk mampu dilihat dibagian leher serta perut, bila gemuk akan terlihat gumpalan lemak berwarna kuning. Andai kegemukan sebaiknya pakannya ditakar, tambahkan mentimun serta kenari dijemur sehari-hari.
CIRI-CIRI KENARI BERJODOH:
  • Kenari jantan akan meloloh kenari betina meski dari luar sangkar.
  • Kenari jantan akan berbunyi keras merayu kenari betina, lantas kenari betina mengeleperkan sayapnya, ada kalanya kenari betina akan menungging itu membuktikan meminta kawin.
  • Kenari akur serta tak berantem.

5. Menyatukan Kenari Jantan serta Betina / Proses Kawin
Bila kenari telah terlihat berjodoh seerti ciri-ciri diatas, selanjutnya adalah menyatukan kenari jantan serta kenari betina dalam satu sangkar. Lantaran sebelumnya telah di lakukan proses penjodohan, menjadikan tatkala disatukan mampu mengurangi resiko kenari berantem yng hebat. Adapun tatacara menyatukan kenari jantan serta betina merupakan tangkap kenari jantan yng ada pada sangkar gantung lantas masukan ke sangkar box (kenari betina), jangan terbalik ya sobat.
Menyatukan kenari jantan serta betina sebaikya di lakukan sore hari, sesudah disatukan lantas kamu perhatikan perilaku kedua kenari yang telah di sebutkan. Andai kenari telah berjodoh maka kenari jantan serta kenari betina akan saling meloloh yng umumnya terlihat semisal tengah berciuman. Andai kedua kenari memanglah tengah birahi maka kenari janta serta betina akan segera melakukan perkawinan. Akan tetapi andai diawal tak berlangsung perkawinan jangan khawatir lantaran biasanya begitu apalagi andai kenari betina masih perawan. he.
Bila kedua kenari tak segera kawin sebaiknya biarkan dalam satu sangkar sampai-sampai malam hari, umumnya di pagi hari sesudah orang-orang terbangun dari tidurnya orang-orang akan melakukan perkawinan. Sekira jam 07.00 pagi baru kenari jantan ditangkap serta ditempatkan pada sangkar gantung kembali. Pada sore hari kenari jantan dimasukan kembali ke dalam sangkar betina, begitu seterusnya. Proses ini mampu berlangsung beberapa hari sampai-sampai kenari betina bertelur. Cara ini Amat tidak jelek alias bagus khususnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk kenari betina yng belum pernah bertelur. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk kenari betina yng telah pernah berproduksi beda lagi tatacara mengawinkannya yakni kenari jantan cuma disatukan paling lama 1 jam. Jangan tidak ingat sesudah menyatukan kedua kenari yang telah di sebutkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyiapkan sarang lengkap yang dengannya serat nanas.
Tanda kenari betina akan bertelur mampu dilihat pada sarang nya, umumnya kenari betina yng siap bertelur sarang akan dibuat rapih berbentuk lingkaran, tidak lama andai sarang telah demikian sekira 1 mingguan kenari mulai bertelur. Jumlah telur kenari rata 3 ataupun 4 butir, telur akan dierami selama 14 hari serta telur akan menetas berselang 1 hari. Kenari yng telah bertelur tak dianjurkan dijemur lantaran akan merusak telur kenari menjadikan gagal menetas.
6. Proses Pengeraman
Saat ini anggap saja kenari betina telah bertelur. Lantas sobat kenari mania ada yng bertanya, kemudian, kenari jantan nya diapain ? nah kenari jantan sebaiknya dibiarkan bersama kenari betina lantaran kenari jantan akan senantiasa meloloh kenari betina menjadikan kenari betina jarang keluar sarang serta ini baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk proses pengeraman yng maksimal.
Andai sobat punyai beberapa kenari betina bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijodohkan sebaiknya kenari jantan dipisah. Ada baiknya pisahkan kenari jantan andai kenari betina telah bertelur dua butir, ini bertujuan agar bisa kenari betina tak ngambek. Meskipun kenari jantan telah dijauhkan, kenari betina akan senantiasa mengerami telur-telur nya sampai-sampai menetas.
TIPS PERAWATAN KENARI SAAT MENGERAM:
  • Pakan biji-bijian,air minum selalu tersedia, tambahkan andai tidak lebih.
  • Kebersihan sangkar selalu terjaga, sebaiknya tatkala pembersihan sangkar di lakukan yang dengannya hati-hati agar bisa tak berlangsung goncangan yng keras, menjadikan telur kenari tetap aman.
  • Berikan sawi serta buah apel, pemberiannya selang seling, ini penting sekali. Terkadang ada kenari betina yng mati kurus lantaran dia tatkala mengeram cuma diberi makan biji-bijian.
  • Tambahkan telur puyuh rebus, pemberian mampu 2 kali seminggu.
  • Kenari jangan tak dijemur lagi.

7. Proses Menetas Serta Panen
Pada hari ke 14 telur-telur kenari telah mulai menetas. tatkala kamu mulai melihat anakan kenari yng baru menetas barangkali kamu akan mengatakan “wow” mahluk kecil yng gokil baru muncul ke permukaan bumi, sembari lantas mengelus dada seraya mengatakan oh my god maha besar tuhan yng sudah menjadikan ini seluruh. Ini pengalaman bernilai serta menyenankan bukan!
Bagi sobat Kenari Mania yng baru saja belajar ternak kenari berikut cara pemberian pakan induk kenari yng tengah meloloh anakan yng baru menetas sampai-sampai anakan siap panen:
  • Tatkala anakan baru menetas pastikan air serta biji-bijian selalu ada, tambahkan telur puyuh rebus hingga anakan kenari berumur 1 minggu.
  • Sebelum anakan kenari berumur 1 minggu sebaiknya tak diberikan sayuran serta buah dulu, akan tetapi cukup biji-bijian serta telur rebus. Ini bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk meminimalisir kematian dini pada anakan kenari ataupun piyik kenari. Lantaran pada fase ini anakan kenari system pencernaannya belum kuat.
  • Andai usia anakan kenari telah lewat satu minggu, kamu mampu tambahkan buah apel serta sayuran semisal sawi ijo serta sawi putih.
  • Bagi atau bisa juga dikatakan untuk hasil yng paling baik berikan telur rebus, sayuran serta apel sampai-sampai anakan kenari siap dipanen.
  • Tambahkan juga multivitamin, di pasaran telah tidak sedikit beredar semisal multivitamin produk OmKicau, Bnr serta Ebod dsb.
  • Anakan kenari siap dipanen idealnya andai telah berumur 25 hari. Pada tahap ini anakan kenari telah mampu makan sendiri, akan tetapi biasaya masih makan telur rebus. Andai telah berumur 1 bulan anakan kenari telah mampu makan biji-bijian.

Sesudah kamu panen anakan kenari, anakan kenari dipisah dari induknya, nah langkah selanjutnya merupakan kamu pisahkan indukan kenari yang telah di sebutkan. Ambillah kenari jantan serta kembalikan ke sangkar semula (sangkar gantung). Lantas kamu mandikan kedua induk kenari yang telah di sebutkan serta penting diberikan obat kutu, agar bisa kutu yng menempel pada bulu kenari mampu mati serta bersih. Lantas dijemur sebaiknya ini di lakukan di pagi hari. Sangkar pula butuh dicuci bersih yang dengannya sabun ataupun antiseptik lantas sangkar dijemur sampai-sampai kering.
Sesudah induk kenari dimandikan sebaiknya induk kenari terus dijemur dalam sangkar terpisah (jam 07.00.- 09.30) selama tidak lebih lebih satu minggu. Lantas induk kenari siap dikawinkan kembali. Nah di artikel ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengawinkan kenari yang telah di sebutkan akan lebih gampang lantaran sebelumnya kedua kenari telah berjodoh malah telah menghasilkan keturunan. Jadi tatacara mengawinkannya tinggal memasukan kenari jantan ke sangkar kenari batina, tidak lama kenari betina akan menundukan badannya lantas terjadilah perkawinan. Tidak hingga satu bulan sobat akan melihat keturunan orang-orang yng kedua serta seterusnya.

About ALAMSYAH SHARIF

This is a short description in the author block about the author. You suting it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

Sumber rujukan dan gambar : http://bandarkicau.blogspot.com/2015/07/cara-ternak-burung-kenari-bagi-pemula.html.