Type something and hit enter

By On
advertise here
Jenis Cucak Rowo ada tidak sedikit serta tersebar diberbagai negara semisal negara-negara Asia Tenggara salah satunya pula Indonesia. Di Indonesia sendiri, Cucakrowo mempunyai beberapa sebutan. Semisal, orang Sunda menyebut burung ini Cangkurawah. Sedangkan dalam bahasa melayu disebut Barau-barau.
Dalam sebutan asing, Cucakrawa disebut Straw Head Bulbul serta nama latinnya merupakan Pycnonotus Zeylanicus.
jenis cucak rowo
Jenis Cucak Rawa di Indonesia
Penyebaran burung Cucak Rawa di Indonesia mulai dari Pulau Sulawesi khususnya Sulawesi Selatan lantas di Nusa Tenggara tidak sedikit terdapat di pulau Lombok, selanjutnya Kalimantan, serta pula di Sumatera.
Beberapa orang mengkategorikan burung ini didasari asalnya semisal burung Cucak Rawa Kalimantan, burung Cucak Rawa Medan, serta lain-lain. Meski demikian, secara spesies burung berasal dari Brinji Emas (Alophoixus Affinis) yng didapati dibeberapa pulau Sulawesi serta Maluku. Lantas pada perkembangan selanjutnya, burung Cucak kembali menghasilkan subspesies yng disebut Cucak Rowo, Cucak Kuning, Cucak Kutilang, Cucak Gunung, Merbah Cerukcuk, Merbah Belukar, serta Empuloh Janggut.
Pengkategorian Didasari Asal
A. Cucak Rawa Kalimantan
Dalam dunia burung kicau, Cucakrawa Kalimantan tak begitu diminati lantaran beberapa kelemahannya semisal, suaranya yng tak terlalu keras serta tak terlalu mempunyai tidak sedikit variasi, kualitas bulu yng tak sebaik burung dari daerah lain, dan ukuran tubuhnya yng lebih kecil.
B. Cucak Rawa Aceh serta Medan
Di Pulau Sumatera, khusnya Provinsi Aceh pula terdapat burung Cucakrawa yng pula dikenal yang dengannya sebutan burung Cucak Rawa Aceh. Baik Cucak Rawa yng berasal dari Aceh ataupun Medan mempunyai kualitas yng hampir percis menjadikan tidak banyak susah bagi atau bisa juga dikatakan untuk membedakannya.
C. Cucak Rawa Jambi serta Riau
Selain dari Aceh serta Medan, burung ini pula terdapat di Jambi serta Riau mempunyai beberapa ciri-ciri, diantaranya merupakan, postur yng lebih pendek, kualitas bunyi masih di bawah Cucakrawa Lampung.
D. Cucak Rawa Lampung
Bagi penggemar burung, Cucakrawa Lampung telah Amat terkenal menjadi satu dari sekian banyaknya jenis yng paling diminati lantaran mempunyai bunyi yng tidak jelek alias bagus, bulu yng rapi serta mengkilat, dan Suka dijadikan menjadi indukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk dikembangbiakkan.
E. Cucak Rowo Papua
Burung jenis ini yng berasal dari Papua Amat tidak banyak jumlahnya. Selain lantaran tempatnya yng Amat jauh, peternak pula jarang yng memilikinya. Perawakan Cucak dari Papua tidak banyak lebih kecil dari perawakan cucak pada biasanya.
Tanda-ciri
Meskipun tak mempunyai tidak sedikit perbedaan, akan tetapi burung burung Cucak Rawa yng ada di aneka macam daerah di Indonesia mempunyai beberapa ciri-ciri tertentu yng dijadikan menjadi patokan umum. Diantaranya merupakan:
1. Cucak Rawa Medan
Mempunyai tubuh yng berukuran besar, padat serta berisi. Pada biasanya burung ini tampak Amat terawat, mempunyai warna bulu hijau keabu-abuan serta terkadang tidak banyak gelap ataupun berwarna coklat.
2. Cucakrawa Aceh
Perbedaan paling mendasar serta paling mencolok antara Cucakrawa Medan serta Cucakrawa Aceh merupakan bulunya. Cucak Rawa Aceh mempunyai warna bulu kehijau-hijauan yng tak terlalu kuat layaknya Cucakrowo yng berasal dari Medan sebaliknya.
3. Cucak Rowo Lampung
Ukuran tubuh Cucak Rowo Lampung tidak banyak lebih kecil dibandingkan yang dengannya Cucak Rowo Medan ataupun Cucakrawa Aceh. Fisik burung yng berasal dari Lampung terkenal kekar serta mempunyai tulang sayap yng kokoh. Mempunyai bunyi yng baik serta nyaring dan jernih mengkristal. Bulunya pula licin mengkilat.
4. Cucak Rowo Sumatra Selatan, Jambi serta Riau
Tanda-ciri paling gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengenali Cucakrowo yng berasal dari Sumatera Selatan salah satunya Jambi serta Riau, merupakan bagian dadanya yng tak terlalu bidang.
5. Cucak Rawa Kalimantan
Warna bulu yng kehijau-hijauan tak tampak mencolok, ataupun mampu dikatakan tidak banyak pudar pada Cucak Rawa Kalimantan, tak semisal Cucak Rawa yng berasal dari Sumatera yng terkenal yang dengannya bulu serta suaranya yng tidak jelek alias bagus dan nyaring. Begitu pula yang dengannya ukuran tubuhnya, pula tidak banyak lebih kecil dibandingkan yang dengannya yng berasal dari Sumatera.
Tempat asal Cucak Rawa
Burung cucakrawa semisal namanya menyukai tempat-tempat semisal kebun, rawa-rawa serta tepi hutan serta pinggir sungai. Burung ini makan dari aneka macam jenis serangga kecil semisal belalang, jangkrik, serta menyukai buah-buahan semisal pepaya, apel serta tomat.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.budidayakenari.com/2015/11/jenis-cucak-rowo.html.