Type something and hit enter

By On
advertise here

Bondol Hijau Triwarna / Tricoloured Parrotfinch (Erythrura Tricolor)

Burung Finch - Sobat pecinta burung finch..! sebagaimana admin bahas pada tulisan atau artikel sebelumnya (baca) bahwasanya tak tidak lebih dari 5 spesies Eryth... thumbnail 1 summary 4:43 AM Burung Finch - Sobat pecinta burung finch..! sebagaimana admin bahas pada tulisan atau artikel sebelumnya (baca) bahwasanya tak tidak lebih dari 5 spesies Erythrura adalah spesies endemik nusantara. Spesies-spesies Erythura yang telah di sebutkan merupakan; Bondol hijau dada-merah (Erythrura hyperythra), Bondol hijau binglis (Erythrura prasina), Bondol hijau triwarna (Erythrura tricolor), Bondol hijau muka-biru (Erythrura trichroa), serta Bondol hijau papua (Erythrura papuana).
Khusus pada tulisan atau artikel ini admin akan fokus membahas satu dari sekian banyaknya dari spesies Erythura/bondol hijau yang telah di sebutkan yakni Erythura Tricolor/Bondol Hijau Triwarna. Sesuai yang dengannya namanya yakni tri-warna (tiga warna), burung ini mempunyai corak yng terdiri dari tiga jenis warna dalam satu tubuh yakni warna biru pada kepala & dada bawah, warna hijau pada sayap serta punggungnya dan warna merah pada bagian ekornya. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih jelasnya akan kami bahas pada penjelasan berikut.
Tanda Fisik Bondol Hijau Triwarna (Erythrura Tricolor)
Bondol Hijau Triwarna atau juga Tricoloured Parrotfinch (Erythrura Tricolor) adalah burung finch yng berukuran cukup kecil. Burung ini mempunyai ukuran sekitar 10 cm saja. Bentuknya yng mungil itulah yng menjadikan burung ini terlihat Amat gokil disamping pula lantaran warna-nya yng Amat menarik. Andaikan kita amati warna bulu-bulunya, maka akan ada tiga warna lebih banyak didominasi dari burung ini yakni warna biru pada kepala serta tubuh bagian bawah; warna hijau pada punggung serta sayapnya; dan warna merah pada bagian tunggir bawah serta ekornya. Bondol Hijau Triwarna ini mempunyai paruh pendek yng berwarna hitam.
Bondol Hijau Triwarna atau juga Tricoloured Parrotfinch
Perbedaan Kelamin Jantan-Betina Bondol Hijau Triwarna
Bondol Hijau Triwarna mempunyai penampilan bentuk yng percis antara jantan serta betinanya. Akan tetapi bagi atau bisa juga dikatakan untuk membedakan jenis kelamin burung Bondol Hijau Triwarna yng telah dewasa tak begitu susah. Hal ini dikarenakan warna biru serta hijau pada Bondol Hijau Triwarna mempunyai perbedaan antara burung jantan serta betinanya. Perbedaan itu merupakan bagian warna biru serta warna hijau pada Bondol Hijau Triwarna jantan terlihat lebih matang serta tegas daripada burung betinanya.
Bondol Hijau Triwarna; Jantan (Bawah) serta Betina (Atas)
Daerah asal serta Persebaran Bondol Hijau Triwarna
Bondol Hijau Triwarna adalah burung endemik Nusa Tenggara Timur yng meliput beberapa pulau semisal: Timor, Wetar, Babar, Romang, Damar, serta kepulauan Tanimbar (Larat, Yamdena, Lutu)serta pulau pulau kecil disekitarnya. Burung ini umumnya Suka berkelana mencari makan di lahan pertanian, hutan terbuka sampai-sampai disekitar perpohonan yng umumnya teduh serta rindang.
Pada tatkala musim kawin, burung jantan akan berusaha mengejar si betina sampai-sampai si betina menyerah serta takluk lantas diteruskan yang dengannya ritual kawin. Seusai ritual kawin berlangsung serta keduanya telah menjadi pasangan maka pasangan burung ini akan mulai membangun sarang. Umumnya pembangunan sarang ini diharapkan waktu antara 2 – 3 hari hingga akhirnya selesai.
Selanjutnya merupakan masa bertelur. Umumnya burung betina akan bertelur satu butir setiap harinya sampai-sampai memasuki hari ke-enam. Menjadikan rata-rata burung ini mempunyai maksimal enam butir telur disarangnya. Akan tetapi umumnya burung betina akan mengawali bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengerami telurnya sejak dia menaruh telurnya yng ke-empat. Pengeraman berlangsung antara 13-16 hari.
Kedua pasangan akan bergantian mengerami telur-telur orang-orang. Seusai menetas maka orang-orang akan merawat anak-anaknya didalam sarang selama tiga minggu hinga akhirnya mengabaikan atau meninggalkan sarang. Hingga pada usia 4-5 minggu orang-orang akan belajar makan tanpa bantuan dari induknya.
Seusai anak-anaknya telah mampu mencari makan sendiri, maka indukan Bondol Hijau Triwarna akan mengawali bagi atau bisa juga dikatakan untuk kawin lantas bertelur kembali. Umumnya butuh waktu sekitar 3 minggu bagi indukan Bondol Hijau Triwarna yang telah di sebutkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk bertelur lagi. Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk anak-anaknya Bondol Hijau Triwarna tersebu, bulu-bulu orang-orang akan berubah menjadi bulu burung dewasa seusai menginjak usia 2-4 bulan. Orang-orang akan matang serta siap bereproduksi seusai menginjak usia 6 bulan. [Red. Burung Finch:11/2016]

Sumber rujukan dan gambar : http://burungfinch.blogspot.com/2016/11/bondol-hijau-triwarna-tricoloured.html.