Type something and hit enter

By On
advertise here
Beternak burung kenari memanglah terkesan gampang melihat tatkala ini begitu tidak sedikit penggemar burung kenari yng membudidayakannya. Akan tetapi pada kenyataannya ada macam-macam kendala yng dialami oleh penangkar tatkala proses penangkaran kenari berlangsung, namun peternak yng handal telah tahu pasti perihal tips-tips dan tatacara mengantisipasi serta mengatasi segala kebuntuan. Satu dari sekian banyaknya kendala yng Suka dialami oleh peternak merupakan kenari betina tak segera bertelur walaupun ia telah kawin yang dengannya pejantan.
Di awal-awal beternak kenari umumnya peternak pemula terlalu bernafsu supaya kenari yng ditangkarkan segera bertelur. Akan tetapi lantaran keterbatasan pengetahuannya perihal tatacara beternak kenari yng benar menjadikan di lakukan secara asal-asalan tanpa mikirin apakah kenari betina telah siap diternak, apakah burung betina telah matang kelamin ataupun belum, apakah pejantan ngisi ataupun tak, menjadikan dalam proses penangkaran pun berbuah permasalahan yng tidak dimau-kan sampai-sampai akhirnya berujung pada kekecewaan, galau serta putus asa.
Inilah penyebab burung kenari betina tidak bertelur
Di bawah ini merupakan beberapa hal yng mampu menjadi penyebab kenapa kenari betina tak segera bertelur walau telah kawin yang dengannya pejantan ataupun pemacek serta sarang pun pula telah disediakan di dalam sangkar. Selengkapnya terus simak di bawah ini.
Penyebab Kenari Betina Tidak Bertelur
1. Kenari betina belum matang kelamin
Hal utama yng umumnya menjadi penyebabnya merupakan lantaran kenari betina belum matang kelamin, jadi meskipun telah Suka kawin akan tetapi si betina belum matang alat kelaminnya pasti tak akan segera bertelur. Ada kalanya walaupun kenari telah cukup umur namun lantaran perawatannya tak benar, maka kematangan kelaminnya jadi telat ataupun tak siap. Supaya kenari betina cepat matang kelaminnya rajin-rajinlah menjemurnya sehari-hari.
2. Kenari betina terlalu muda
Hal ini mampu menjadi penyebab yng pasti lantaran bagaimana pun bila kenari umurnya terlalu muda tak akan bertelur. Bagaimana mau bertelur,kenari yng usianya masih muda pasti tidak mau dijodohkan yang dengannya pejantan apalagi terburu-buru disatukan pasti ia tak mau kawin. Jadi kondisikanlah beberapa tatkala sampai-sampai usianya cukup dewasa serta siap diternak.
3. Kenari betina mandul
Selain permasalan yng terbilang sepele diluar dugaan ada masalah lain mampu bikin penangkar kecewa berat yakni kenari induk betina yng ditangkarkan mandul. Selain hewan mamalia kenari pun pula mampu mandul. Umumnya burung yng tak mampu bertelur/mandul penyebabnya yaitu oleh perawatannya salah, mampu jadi tubuh kenari terlalu panas akibat pemberian ef yng terlebih, pakan ef yng dimaksud merupakan niger seed serta kroto. Selain itu penyebab kenari cepat bertelur yakni kegemukan ataupun obesitas.
4. Bulu di sekeliling kloaka terlalu lebat
Tatkala proses kawin berlangsung seharusnya kedua kloaka pejantan serta betina bisa bersentuhan secara sempurna, menjadikan sperma yng dikeluarkan pejantan bisa mengenai sasaran sampai-sampai sel kelamin betina bisa dibuahi oleh sel kelamin jantan. Akan tetapi lantaran bulu disekitar kloaka kenari terlalu lebat serta panjang, maka proses perkawinan tak berjalan yang dengannya baik akibat lebatnya bulu yang telah di sebutkan. Untuk itu pangkaslah bulu disekitar kloaka kedua kenari yang dengannya tatacara benar.
5. Kenari pejantan tak ngisi
Terkadang bila ada kenari betina yng diternak tak segera bertelur, lantas yng selalu disalahkan merupakan si betina, padahal itu tidak selamanya benar. Ada kalanya pejantan pula mampu menjadi permasalahannya yakni pejantan tak ngisi. Maksudnya merupakan kenari jantan tak bisa membuahi betina. Tidak sedikit faktor yng mampu menjadikan pemacek tak mampu membuahinya yakni terlalu gemuk, diberikan kroto secara berlebihan menjadikan berpengaruh bagi kejantanannya. Serta pula lantaran pejantan di vennya ada bulu muda / mabung sehigga proses kawinnya tidak maksimal lantaran pejantan terasa kesakitan tatkala kawin.
Itulah cuplikan beberapa penyebab kenari betina tak bertelur. Mudah-mudahan berita diatas bisa memberikan manfaat pada kamu khususnya yng tengah mengalami masalah yang dengannya kenarinya yng tak segera bertelur. Mudah-mudahan berguna. Salam Kenari Mania.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.kenarimania.com/2015/06/penyebab-kenari-betina-tidak-bertelur.html.