Type something and hit enter

By On
advertise here
Sobat kicau mania pasti tidak sedikit yng telah mengenal burung poksay. Ya poksay adalah satu dari sekian banyaknya burung kicau yng fenomenal di Indonesia. Burung ini mempunyai peminat yng cukup tidak sedikit, lantaran beberapa kelebihan yng dimiliki. Selain tampilan fisiknya yng indah, pula mempunyai bunyi kicau yng tidak jelek alias bagus dan layak diperhitungkan.
jenis burung poksay, jenis poksay, burung poksay, poksay
Di dunia, poksay salah satunya dalam laughingthrush, dan burung ini tergabung dalam keluarga leiothrichidae ber-genus garrulax. Sebetulnya ada sekitar 50 jenis poksay yng menyebar luas di dunia, dan di Indonesia sendiri ada 9 jenis poksay, baik lokal ataupun hasil penyebaran dari luar negeri. Yang pasti, setiap jenis poksay mempunyai tanda khas dan kelebihan tersendiri, yng mana kelebihan yang telah di sebutkan yng membuat kicau mania tertarik bagi atau bisa juga dikatakan untuk memilikinya.
Secara umum, poksay mempunyai bunyi kicauan yng lantang, merdu, dan mengalun indah bila didengarkan. Maka, Amat cocok bunyi poksay bila dijadikan menjadi bahan masteran burung kicau. Bila sobat penasaran ingin tahu kicau suaranya, silahkan unduh bunyi poksay. Pada tahun 90-an, poksai peminatnya sangatlah tidak sedikit, walaupun kini mulai berkurang, mengingat makin banyaknya burung kicau baru yng tidak kalah bagusnya yng beredar di Indonesia.
Jenis Poksay
Andai berbicara masalah jenis poksay, maka kami akan coba share setiap jenis poksay yng kami ketahui didasari sumber-sumber paling baik. Berikut merupakan jenis poksay yng patut kamu ketahui:
1. Poksay Jambul
poksay jambul White crested laughingthrush adalah sebutan ataupun panggilan dari poksay jambul ini. Semenjak beberapa tahun yng lantas, poksai jenis ini telah cuup terkenal di Indonesia. Poksay jambul merupakan poksay dari hasil impor, tepatnya dari negara Thailand, lantas berkembangbiak dan meluas sampai-sampai ke daratan China dan Indonesia. Poksay ini mempunyai bunyi yng Amat kencang dan lantang, lantaran suaranya yng keras tersebutlah yng membuat orang-orang menyebutnya poksay berisik. Malahan, lantaran suaranya yng berisik yang telah di sebutkan yng menjadikan penggemar poksay Amat tidak sedikit di tahun 90-an.
2. Poksay Hongkong
poksay hongkong Pata tahun 90-an, tak cuma poksay jambul yng fenomenal di Indonesia, burung poksay Hongkong pula semtap merasakan kejayaan di era yang telah di sebutkan. Malah, penurut pengamat burung kicau, tahun 90-an adalah tahun di mana sebagian besar pasaran burung didominasi oleh burung poksay. Poksay tak cuma tidak jelek alias bagus dalam hal bunyi, burung ini diluar dugaan mempunyai mental dan daya tarung yng mumpuni, maka wajar bila penggemar poksay cukup tidak sedikit. Tatkala ini, poksay salah satunya burung kicau yng cukup susah didapati, untuk itu butuh lebih tidak sedikit penangkar burung ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi kelestariannya.
3. Poksay Sumatra
poksay sumatra Poksay Sumatra adalah jenis poksay yng disebut yang dengannya sitilah sumatran laughingthrush. Poksay jenis ini asli berasal dari Sumatra, akan tetapi kini poksay ini mampu disebut cukup langka, mengingat banyaknya penebangan hitan dan perburuan secara liar. Bunyi poksay ini bila sekilas didengarkan, maka terdengar agak mirip semisal bunyi jambul, yakni khas yang dengannya suaranya yng berisik, keras, dan mengalun merdu.
4. Poksay Kuda
poksay kuda Poksay ini pula Amat langka ataupun sulit sekali didapati, poksay yng disebut yang dengannya nama rufous fronted laughingthrush ini berasal dari pulau Jawa sejak tahun 2003. Walau telah tidak sedikit yng berusaha menangkar poksay ini, akan tetapi seiring berjalannya waktu, dikarenakan minimnya dukungan dan peminat, maka kini makin susah didapatkan.
5. Poksay Mantel (Medan)
poksay mantel medan, poksay mantel, poksay medan Sunda laughingthrush merupakan nama lain dari pksay mantel ini. Poksay mantel paling tidak sedikit didapati di Sumatra dan Kalimantan. Tempat asal aslinya merupakan di daerah pegunungan yng tidak sedikit hutan yang dengannya pepohonan tinggi. Poksay ini mampu masih salah satunya gampang didapati, lantaran kepopulerannya itu pula tidak sedikit orang di daerah lain yng menyebutnya yang dengannya nama poksay medan.
6. Poksay Samho
poksay samho Poksay Samho ini penyebarannya yakni di daratan China, dan pernah sempet pula ternama di Indonesia. Kelebihan tampilan warna coklat terang kemerah-merahan dan karakter suaranya yng keras dan menusuk ini yng terngiang di pendengaran pendengarnya. Kini poksay jenis ini mampu disebut cukup susah di temukan di pasaran.
7. Poksay Genting (Mandarin)
poksay genting mandarin, poksay genting, poksay mandarin Poksay Genting ataupun yng Suka dipanggil poksay mandarin ini adalah poksay yng sampai-sampai kini cukup terkenal di Indonesia. Poksay ini pantas dijadikan menjadi burung peliharaan di rumah, pendapat dari sang penangkar: poksay jenis ini mampu disebut perawatannya cukup gampang. Penyebarannya pula tidak sedikit di Sumatra dan Kalimantan. Poksay ini tampilan warna nya Amat indah, dan mempunyai keunikan yakni terdapat lingkar matanya yng berwarna indah, menjadikan nampak Amat elegan.
8. Poksay Hitam
poksay hitam Burung poksay ini sebagian besar berwarna gelap, jadi pantas bila disebut yang dengannya poksay hitam ataupun black laughingthrush. Poksay ini salah satunya jenis burung penetap, ataupun burung yng tak suka berpindah-pindah tempat, kecuali lantaran ada faktor tertentu yng menghasruskan bagi atau bisa juga dikatakan untuk beralih. Poksay ini umumnya didapati di daerah pegunungan di Sumatra. Begitu pula yang dengannya poksay-poksay yng sudah kami sebutkan sebelumnya, bunyi kicau poksay ini pula tidak jauh berbeda yang dengannya poksay jambul, yakni tanda khasnya merupakan bersuara keras, lantang, dan berisik.
Demikianlah tidak banyak pemaparan yng bisa kami sampaikan kepada sobat kicau mania perihal jenis-jenis burung poksay yng terkenal di Indonesia. Mudah-mudahan yang dengannya adanya goresan pena ini, bisa menjadikan sobat yng belum tahu menjadi tahu, menjadikan makin mengenal lebih dekat perihal burung poksay.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.budidayakenari.com/2016/06/jenis-poksay.html.