Type something and hit enter

By On
advertise here
Hari ini KenariMania akan sharing ihwal cara perawatan anakan kenari baru menetas. Akan tetapi lebih tepatnya ini adalah cara perawatan induk kenari yang tengah meloloh anakan yang baru menetas, karena indukan kenarilah yang senantiasa merawat piyiknya andai telah menetas. Cara merawat piyik kenari yang baru menetas tentunya memerlukan perawatan khusus supaya seluruh anakan kenari yang sudah sukses menetas bisa tumbuh yang dengannya baik sampai-sampai dewasa. Tidak sedikit penangkar kenari pemula yang menanyakan hal ini, lantaran banyak sekali pula piyik-piyik yang telah menetas lantas mati dalam hitungan hari.

Pada umunya telor-telor kenari yang dierami induknya akan menetas pada hari ke 14. Butuh diketahui bahwasanya pada tatkala induk kenari mulai bertelor sampai-sampai ke tahap pengeraman maka ia pula butuh pakan yang cukup bernutrisi semisal telor puyuh, sayuran serta buah. Nah, di tatkala telur mulai menetas, maka indukan kenari betina akan memloloh anakanya setiap 1 jam sekali. Andai beternak kenari secara berpasangan, tentunya kedua indukan baik jantan ataupun betina akan meloloh anakan secara bersamaan.
Merawat anakan kenari
Ada 2 tahapan dalam merawat anakan kenari (piyik) yang baru menetas ataupun merawat indukan kenari yang tengah meloloh anakannya yang baru menetas. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih jelasnya langsung kamu simak tipsnya yang akan di sajikan kali ini:
Cara Merawat Anakan Kenari Baru Menetas
a. Anakan kenari umur 1 hari hingga 1 minggu
1. Berikan telor puyuh rebus
Pemberian telor puyuh Perlu diberikan dari pagi, siang serta sore. Porsi pemberian telor puyuh disesuaikan yang dengannya jumlah anakan yang menetas. Telor puyuh rebus yang telah di sebutkan Amat baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk pakan piyik kenari yang baru menetas, karena teksturnya yang lembut serta gampang dicerna, menjadikan mampu meminimalisir anakan kenari mati di usia dini.
2. Tak memberikan sayuran ke induk kenari
Andaikan anakan belum berumur 1 minggu, sebaiknya pemberian sayuran distop dulu, jadi cukup disediakan telur puyuh matang dulu didalam sangkar. Lantaran system pencernaan piyik kenari yang baru menetas masih belum kuat.
3. Tambahkan egg food
Egg food pula memiliki kandungan gizi yang cukup menjadikan Amat baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk anakan ataupun piyik serta lebih praktis. Andai sebagian dari kamu belum tahu apa itu egg food, egg food merupakan makanan kenari yang terbuat dari bahan dasar telor yang telah dioven ataupun dikeringkan. Baca: Beberapa EF Makanan Kenari.
4. Berikan pakan biji-bijian semisal umumnya
Biasanya andai anakan kenari masih kecil serta di sarang tersedia telor rebus maka induk kenari akan memakan pakan bijian tadi bagi atau bisa juga dikatakan untuk dirinya sendiri. Bila anakan kenari telah agak besar maka pakan bijian pula akan dilolohkan ke piyik kenari. Lihat pula: Jenis biji-bijian pakan Kenari yang baik.
5. Berikan vitamin kenari yang sesuai
Multivitamin khusus penangkaran kenari telah tidak sedikit beredar jadi tak butuh gundah.
b. Anakan kenari umur 1 minggu hingga panen
1. Berikan telur puyuh ataupun telur ayam rebus
Pemberian telur rebus terus dilakuka hingga anakan kenari siap dipanen. Telor yang telah di sebutkan Amat baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk anakan lantaran memiliki kandungan gizi yang cukup, menjadikan piyik kenari mampu tumbuh sehat serta cepat besar.
2. Tambahkan menu sayuran
Andai anakan kenari telah berumur tidak lebih lebih 1 minggu, maka pakan indukan ditambahkan menu sayuran di dalam sangkarnya. Sayur hijau yang mampu diberikan yakni sawi putih, sawi ijo, kecambah, selada, serta tak tidak ingat buah apel.
3. Berikan pakan bijian semisal biasa
Pakan biji-bijian Perlu selalu tersedia sehari-hari di dalam sangkar, lantaran ini adalah pakan utama burung kenari. Baca: Cara menyajikan pakan biji-bijian yang inovatif.
4. Berikanlah egg food
Selain memberikan telur rebus pemberian egg food pula penting, supaya anakan tumbuh yang dengannya sehat, subur serta cepat bongsor. Egg food merupakan makanan kenari yang berbahan dasar telur yang telah dikeringkn.
5. Berikan vitamin kenari
Bila butuh berikan vitamin khusus ternak sampai-sampai piyik kenari dipisah dari induknya. Pemberiannya dicampurkan ke dalam air minum.
Itulah penjelasan serta cara ihwal tips merawat anakan kenari baru menetas yang mampu saya share kepada kamu. Cara perwatan piyik kenari yang baru menetas, mampu saja tak percis persis yang dengannya diatas. Barangkali saja tak memberikan sayuran dulu sebelum piyik kenari belum berumur 3 hari. Akan tetapi ada baiknya tak memberikan sayuran dulu andai piyik baru berusia 1-3 hari jadi cukup diberi telur rebus dulu. Berharap sobat penggemar burung cantik ini selalu mampu merawat anakan kenari nya yang baru menetas ini. Mudah-mudahan berguna.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.kenarimania.com/2015/05/cara-merawat-anakan-kenari.html.