Type something and hit enter

By On
advertise here
Burung Jalak dalam bahasa inggris disebut Starling Bird. Burung ini berasal dari suku burung sturnidae. Burung ini mempunyai panjang tubuh sekitar 20 sampai-sampai 25 cm. Mempunyai paruh yng lurus, kuat serta terlihat tajam. Satu dari sekian banyaknya daya tarik yng membuat tidak sedikit orang menyukai burung ini merupakan bunyi kicauannya yng Amat keras serta beberapa burung jenis ini malah mampu menirukan beberapa kata yng diucapkan oleh kita-kita.
jalak indonesia, jalak bali
Di Indonesia sendiri, dikenal beberapa jenis Burung Jalak. Burung Jalak yng dikenal di Indonesia ada yng dibedakan didasari asalnya, warna-nya serta jenisnya. Sebutan bagi atau bisa juga dikatakan untuk Burung Jalak terkadang berbeda akan tetapi dimaksudkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk satu burung yng percis.

Jenis Jalak


Berikut merupakan beberapa semisal nama-nama jalan yng dikenal di negara kita.
1. Jalak kapas.
2. Jalak rio ataupun rio-rio.
3. Jalak uren merupakan sebutan bagi atau bisa juga dikatakan untuk Jalak Suren dari bahasa Jawa.
4. Jalak Suren.
5. Jalak Kerbau.
6. Jalak Kebo.
7. Jalak Bali.
8. Jalak Hongkong.
9. Jalak Cina.
10. Jalak Eropa.
11. Jalak Perak.
12. Jalak Hitam.
13. Jalak Emas .
14. Jalak Ungu.
15. Jalak Putih.
Dari seluruh jenis Burung Jalak yng sudah disebutkan, beberapa diantaranya yng tidak sedikit disukai serta bansyak dipelihara oleh breeder di Indonesia antara lain, Jalak Suren, Jalak Kerbau, jarak Bali serta Jalak rio.
Berikut merupakan beberapa nama Jalak yng berbeda bagi atau bisa juga dikatakan untuk satu burung yng percis.
a. Jalak kapas percis yang dengannya jarak cina.
b. Jalak uren merupakan sebutan dalam bahasa Jawa bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyebut Jalak Suren.
c. Jalak Kerbau dikenal pula yang dengannya nama Jalan kebo, Jalak Hitam, Jalak Ungu, serta Jalak Penyu.
d. Jalan perak merupakan sebutan bagi atau bisa juga dikatakan untuk Jalak kebo yng mempunyai mata berwarna putih. Sedangkan Jalak emas merupakan sebutan bagi atau bisa juga dikatakan untuk Jalak kebo yng mempunyai mata berwarna kuning.
e. Jalak Suren pula dibedakan didasari asalnya misalnya Jalak Suren Jawa, Jalak Suren Sumatera serta Jalak Suren Malaysia.
Seluruh Burung Jalak mempunyai ciri-ciri masing-masing yng membedakan antara satu jenis yang dengannya jenis yng lain-lainnya, salah satunya pula ciri-ciri yng membedakan didasari asalnya.
Satu semisal, Jalak Suren Jawa berbeda yang dengannya Jalak Suren Sumatera, meskipun mempunyai ciri-ciri fisik yng tak terlalu berbeda.
Jenis-jenis Jalak yng Populer di Indonesia
A. Jalak Suren
Jalak Suren mempunyai nama ilmiah Sturnus Contra serta biasa dikenal pula yang dengannya nama Jalak Uren. Spesies burung ini tidak sedikit didapati di Asia Tenggara serta Anak Benua India. Habitatnya merupakan lembah serta dataran rendah. Itulah sebabnya tak mengherankan andaikan burung ini Suka kita temukan di pedesaan ataupun di perkampungan.
Ukuran burung ini tak terlalu besar, maksimal sekitar 25 cm yang dengannya warna bulu secara umum dikuasai hitam serta putih. Beberapa ciri-ciri fisik umum yng dimiliki oleh burung ini antara lain, bulu di bagian perutnya berwarna putih, lantas bagian punggung, tenggorokan serta dada mempunyai bulu warna hitam. Iris matanya berwarna abu-abu serta di sekeliling matanya umumnya tak terdapat bulu. Beberapa penyebutan Jalak Suren didasari asalnya, diantaranya merupakan: Jalak Suren Jawa, Jalak Suren Sumatera, serta Jalak Suren Malaysia
B. Jalak Kerbau
Burung ini mempunyai nama ilmiah Acridotheres Javanicus. Di Indonesia Burung Jalak Kerbau dikenal pula yang dengannya sebutan, Jalak Kebo, Jalak Ungu, Jalak Penyu serta Jalak Hitam.
Burung ini tersebar di Asia Tenggara salah satunya di Indonesia lebih-lebih di, Pulau Sumatera, Bali, Pulau Jawa, Sulawesi serta Semenanjung Malaya. Selain itu, burung ini pula didapati di beberapa wilayah Asia Timur.
Tanda-ciri Jalak Kerbau di antaranya merupakan, mempunyai ukuran tubuh sekitar 25 cm yang dengannya bulu berwarna abu-abu gelap, sebagian berwarna ungu ataupun hitam lebih-lebih dibagian ekor, kepala serta sayap.
Burung ini mempunyai jambul yng tak terlalu panjang, ujung ekor serta tungir berwarna putih. Yang dengannya warna paruh kuning gadiang.
Jenis Jalak Kerbau di bagi menjadi dua yakni, mata kuning serta mata putih. Ada pula yng menyebutnya yang dengannya Jalak Emas bagi atau bisa juga dikatakan untuk mata kuning serta Jalak Perak bagi atau bisa juga dikatakan untuk mata putih.
C. Jalak Putih
Jalak Putih mempunyai nama latin Acridotheres Melanopterus ataupun Sturnus Melanopterus. Selain dikenal yang dengannya nama Jalak Putih, burung ini pula mempunyai sebutan lain semisal Jalak Dada Putih ataupun
Beo Sayap Hitam. Tidak banyak lebih kecil dibandingkan Burung Jalak yng telah disebutkan sebelumnya, panjang tubuh burung ini umumnya maksimal cuma 23 cm yang dengannya bulu secara umum dikuasai berwarna putih serta beberapa bagian terdapat warna hitam. Orang Sunda menyebut burung ini yang dengannya sebutan Jalak Bodas. Warna hitam pada burung ini cuma terdapat di bagian ujung sayap serta ujung ekornya.
D. Jalak Bali
Sesuai yang dengannya namanya, burung ini tidak sedikit didapati di Pulau Bali. Tanda-ciri burung ini mempunyai warna bulu putih hampir di sekujur tubuhnya kecuali bagian ujung sayap serta ekor. Tanda-ciri burung yng sudah disebutkan yang telah di sebutkan Amat berbeda yang dengannya burung Jalak Putih.
Yang membedakan, di sekeliling mata terdapat kulit tanpa bulu berwarna biru cerah. Burung ini pula mempunyai jambul di bagian kepala yang dengannya panjang yng tak teratur.
E. Jalak Hongkong
Jalak hongkong mempunyai nama ilmiah Sturnus Nigricollis. Burung ini mempunyai ciri-ciri ukuran tubuh yng lebih besar dibandingkan yang dengannya burung lokal lain-lainnya. Selain ukuran tubuhnya yng lebih besar, kicauannya pula dikenal lebih kencang. Burung ini pandai menirukan bunyi kita-kita. Selain dikenal yang dengannya nama Jalak Hongkong, burung ini pula tidak sedikit dikenal yang dengannya sebutan/nama Jalak Thailand.
F. Jalak Nias
Burung Jalak Nias tidak sedikit didapati di Pulau Sumatera mempunyai beberapa ciri-ciri fisik diantaranya merupakan, bulu secara umum dikuasai berwarna hitam yang dengannya paruh serta kaki berwarna kuning. Warna putih cuma kita temukan dibagian pantat serta bawah ekor. Meskipun bernama Jalak Nias serta tidak sedikit didapati di Pulau Sumatera, akan tetapi bukan berguna burung ini cuma berada di daerah yang telah di sebutkan saja. Burung ini diluar dugaan pula didapati di beberapa daerah lain semisal, di Pulau Jawa, Kalimantan serta Sulawesi.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.budidayakenari.com/2015/11/jenis-jalak.html.