Type something and hit enter

By On
advertise here
Cara ternak kenari system koloni - Di Indonesia biasanya para peternak membudidayakan kenari yang dengannya tatacara system cabut, pengertiannya kenari jantan dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengawini beberapa kenari betina yng berada pada sangkar ternak terpisah. Selain itu ada pula yng menangkar kenari yang dengannya tatacara berpasangan / soliter, maksudnya satu sangkar ternak ditempatkan satu pejantan serta satu betina, kedua kenari yang telah di sebutkan menjadi pasangan tetapnya, serta tak akan dipisah kecuali beberapa alasan, misalnya satu dari sekian banyaknya indukan kenari mati. Lihat pula: Cara beternak Kenari bagi pemula
Dua metode penangkaran kenari di atas, tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Akan tetapi tahukan kamu? Bahwasanya ada satu lagi metode beternak kenari yng telah tidak sedikit di lakukan oleh peternak kenari luar negeri yakni beternak kenari yang dengannya system koloni yng dalam bahasa inggris disebut aviary. Ternak kenari koloni merupakan beternak kenari yang dengannya tatacara menempatkan beberapa pejantan serta beberapa betina pada satu sangkar yng ukuran kandangnya lumayan luas, menjadikan induk kenari jantan ataupun induk betina bisa memilih calon pasangannya sendiri. Simak pula: Cara menjodohkan Kenari.
Gambar ternak kenari koloni
Beternak kenari koloni ini adalah alternative lain dalam membudidayakan burung kenari. Akan tetapi butuh diketahui bahwasanya ada beberapa cara yng musti kamu ketahui sebelum mengawali ternak kenari system koloni ini, mulai dari membuat sangkar koloni serta pula pemilihan calon indukan kenari. Lihat pula ya: Cara memilih sangkar Kenari yng baik.
Cara Membuat Sangkar ataupun Sangkar Ternak Kenari Koloni
  • Buatlah sangkar di ruangan terbuka, yang dengannya ukuran yng cukup luas. Ukurannya mampu dibuat sbb. P x L x T: 2x1,5x2 cm, Catatan: ukuran tak Perlu percis akan tetapi mampu menyesuaikan yang dengannya tempat yng ada.
  • Aturlah posisi sangkar di tempat yng aman serta nyaman bagi kenari.
  • Atur pula model sangkar sedemikian rupa supaya sangkar mendapatkan sinar matahari, Amat disarankan diatur sbb: 1/3 atap sangkar memakai atap yng transparan supaya sinar matahari bisa masuk.
  • Burung kenari yng diternak yang dengannya tatacara koloni Perlu mendapatkan sinar matahari yng cukup, supaya kenari tetap sehat serta pula tak gemuk.
Sesudah kamu menyiapkan sangkar ataupun sangkar ternak kenari koloni, saat ini saatnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempersiapkan indukan kenari. Dalam memilih indukan yng hendak diternak secara koloni tak boleh asal.
Cara Memilih Calon Indukan Kenari Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Ternak koloni
  • Pilihlah burung kenari yng karakternya santai baik jantan ataupun betina, pengertiannya kenari tak suka ngamuk tatkala disatukan.
  • Sebaiknya belilah indukan yng telah berproduksi, pengertiannya telah beranak-pinak sebelumnya. Maka kenari akan lebih cepat berkembang biak. Andai tak memungkinkan tak masalah mengawali dari kenari siapan ataupun muda.
Sangkar ternak koloni ataupun calon indukan kenari telah siap, saat ini saatnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengawali.
Cara Beternak Kenari Sistem Koloni (aviary)
  1. Lengkapi sarana penunjang semisal tempat minum, tempat pakan serta pula tempat bertelur. Upayakan jumlah sarang melebihi jumlah kenari betina.
  2. Atur jarak sarang satu yang dengannya lain-lainnya paling tak 50 cm serta sebaiknya tiap sarang diberi variasi tanaman ataupun bunga yng terbuat dari plastik. Ini penting supaya tatkala kenari bertelur lebih aman jadi tak diganggu oleh burung lain.
  3. Andai sarana penunjang telah terpasang yang dengannya baik, lantas pejantan serta betina mampu dilepas di sangkar koloni. Biarkan orang-orang mencari pasangan sendiri.
  4. Jumlah pasangan kenari yng ideal mampu 1 pejantan 4 betina ataupun 2 pejantan 8 betina.
  5. Jangan khawatir meskipun kenari pejantan jumlahnya tak berimbang yang dengannya betina. Kenari jantan akan berpoligami yang dengannya burung betina yng lain.
  6. Lantas rawatlah kenari yang dengannya baik, berilah telor puyuh, pula sayuran secara bersiklus. Jangan tidak ingat berikan juga pakan biji-bijian komplit.
  7. Tempat pakan kenari usahakan ada 2 tempat terpisah, begitupun yang dengannya tempat minum, ini bertujuan supaya meminimalisir kenari berantem.
  8. Jangan tidak ingat sediakan juga bahan sarang kenari supaya kenari terpacu bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyusun sarang segera. Bahan sarang mampu kamu tempatkan di dalam sangkar yang dengannya tatacara digantung.
  9. Lantas nikmatilah proses pembudiyaan kenari ini, niscaya akan membuahkan hasil. Demikian cara yng bisa saya share kepada sobat seluruh..
Butuh kamu ketahui juga bahwasanya penangkaran kenari yang dengannya tatacara koloni pula memiliki kelebihan serta kekurangan. Berikut keterangan lebih lengkap nya.
Keunggulan ternak kenari system koloni
  • Beternak Kenari jadi lebih praktis serta simpel. Lantaran tanpa butuh lagi menjemur kenari serta memasukan sesudah selesai dijemur. Memberikan pakan cukup sekali ataupun pada satu sangkar saja. Pengertiannya perawatan kenari jadi lebih gampang.
  • Tanpa butuh lagi repot-repot menjodohkan kenari, lantaran orang-orang telah mencari pasangan sendiri serta kawin yang dengannya sendirinya.
  • Burung Kenari jadi lebih lincah serta sehat, karena bisa terbang lebih leluasa.

Kekurangan ternak kenari system koloni
  • Kenari pejantan terforsir bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengawini beberapa kenari betina sekalian.
  • Kenari lebih beresiko berantem yng hebat lantaran semuanya saling berinteraksi.
  • Kenari betina yng tengah bertelur, mengerami telur serta pula pada tatkala meloloh anakan, terkadang diganggu oleh kenari yng lain.
  • Andaikan ada satu dari sekian banyaknya kenari yng sakit, maka akan cepat menular ke kenari yng lain.
  • Susah mengontrol kondisi kenari.
Demikian pemaparan lengkap mengenai tatacara ternak kenari system koloni, beserta keunggulan serta kekurangannya. Semoga goresan pena simpel ini mampu kamu jadikan refrensi tatkala hendak mengawali menangkar kenari yang dengannya tatacara aviari ini. Mudah-mudahan memberikan manfaat.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.kenarimania.com/2015/06/cara-ternak-kenari-sistem-koloni.html.