Type something and hit enter

By On
advertise here
Didasari penuturan para penghobi serta pembudidaya cucak jenggot, pola perawatan cucak jenggotberbeda-beda bagi atau bisa juga dikatakan untuk setiap kondisi. Pola perawatan cucak jenggot dalam kondisi sehat berbeda yang dengannya pola perawatan cucak jenggot dalam kondisi mabung. Begitu pula pola perawatan cucak jenggot dalam kondisi over birahi berbeda yang dengannya pola perawatan cucak jenggot dalam kondisi siap lomba.
Sementara itu, proses memaster cucak jenggot Perlu di lakukan yang dengannya tips yng baik agar bisa cucak jenggot bisa atau mampu merekam secara sempurna suara-suara burung master yng diperdengarkan ke padanya. Yang akan di sajikan kali ini dijelaskan pola perawatan serta tips memaster cucak jenggot.
cucak jenggot sehat, cucak jenggot lomba, cucak jenggot mabung, cucak jenggot over birahi

A. Pola perawatan cucak jenggot dalam kondisi sehat


1. Perawatan wajib
a. Pukul 06.00, cucak jenggot dikeluarkan dari dalam rumah, selanjutnya diangin-anginkan di teras hingga pukul 07.30.
b. Pukul 07.30, cucak jenggot dimandikan di dalam karamba ataupun disemprot mempergunakan sprayer (bergantung kebiasaan cucak jenggot) selama tidak lebih lebih 15 menit.
c. Bersihkan sangkar cucak jenggot dari kotoran serta percuma pakan yng tidak sedikit menumpuk di dasar sangkar. Selanjutnya, rubah voer yng ada di dalam wadah pakan yang dengannya yng baru dari kemasan. Jangan tidak ingat, rubah pula air minum yng ada di dalam wadah minum yang dengannya air minum yng telah dimasak.
d. Letakkan pakan buah-buahan di dalam sangkar menjadi tambahan gizi bagi cucak jenggot. Buah-buahan ini boleh pisang kapok ataupun apel yang dengannya pola pemberian yng bervariasi.
e. Berikan jangkrik 2 ekor pada cucak jenggot yang dengannya berlebi dahulu membuang kepala, sayap, serta dua kaki bagian belakangnya yng tajam. Pemberian jangkrik ini tak boleh mempergunakan tangan secara langsung, akan tetapi Perlu diletakkan di wadah pakan. Hal ini dimaksudkan supaya cucak jenggot tak menjadi manja akibat pola perawatan yng di lakukan oleh pemiliknya.
f. Andaikan tingkat birahi cucak jenggot terlalu rendah, berikan tambahan 1-2 ekor jangkrik lagi bagi atau bisa juga dikatakan untuk meningkatnya birahinya. Sebaliknya, andaikan tingkat birahi cucak jenggot dirasa terlalu tinggi, kurangi pemberian jangkrik menjadi 1 ekor ditambah yang dengannya 1 ekor ulat bamboo bagi atau bisa juga dikatakan untuk menurunkan birahinya.
g. Pukul 08.00, cucak jenggot dijemur selama 1-2 jam di tempat yng sekiranya mampu di kenai sinar matahari pagi. Selama penjemuran, sebaiknya cucak jenggot tak melihat keberadaan cucak jenggot lain, lebih-lebih yng percis jenis kelaminnya. Selama penjemuran ini juga, sebaiknya cucak jenggot dimaster mempergunakan isian-isian burung yng tidak jelek alias bagus. Proses pemasteran sebaiknya mempergunakan metode pemasteran burung asli.
h. Sesudah selesai dijemur, cucak jenggot diangin-anginkan di teras selama 25 menit bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendinginkan tubuhnya. Selanjutnya, sangkar cucak jenggot ditutup mempergunakan kerondong yng bersih serta tak berdebu.
i. Cucak jenggot dimaster mempergunakan isian-isian burung yng tidak jelek alias bagus. Proses pemasteran ini sebaiknya mempergunakan metode pemasteran elektronik hingga kerondong yng menutupi sangkar cucak jenggot boleh dibuka kembali.
j. Pukul 15.45, kerondong sangkar cucak jenggot dibuka serta cucak jenggot kembali diangin-anginkan di teras. Andaikan cucak jenggot terbiasa mandi sore, boleh pula dimandikan di dalam karamba ataupun disemprot mempergunakan sprayer (bergantung kebiasaan cucak jenggot).
k. Berikan jangkrik 2 ekor pada cucak jenggot yang dengannya berlebi dahulu membuang kepala, sayap, serta dua kaki bagian belakang yng tajam. Tips pemberian jangkrik ini percis semisal pada siang hari. Selain itu, porsinya jangkrik ini percis semisal pada pagi hari. Selain itu, porsinya pula bisa menyesuaikan yang dengannya tingkat birahi cucak jenggot.
l. Pukul 18.00, tutup kembali sangkar cucak jenggot mempergunakan kerondong yng bersih serta tak berdebu. Selanjutnya, masukkan cucak jenggot ke dalam rumah bagi atau bisa juga dikatakan untuk beristirahat. Selama beristirahat, cucak jenggot boleh dimaster mempergunakan isian-isian burung yng tidak jelek alias bagus hingga pagi harinya.
2. Perawatan tambahan
a. Cucak jenggot diberikan kroto sebanyk 1 sendok the 3 kali dalam seminggu, yaitu hari senin, kamis, serta sabtu. Kroto yng diberikan ini boleh berjenis basah, halus, ataupun kacang. Akan tetapi, yng paling disukai cucak jenggot serta paling tidak jelek alias bagus gizinya merupakan kroto berjenis basah.
b. Cucak jenggot diberikan ulat hongkong sebanyk 2 ekor dalam seminggu. Ulat hongkong yng diberikan ini sebaiknya telah mengelupas kulitnya, menjadikan membuat mudah system pencernaan cucak jenggot bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencernanya.
c. Cucak jenggot diberikan buah-buahan segar sehari-hari yang dengannya format pisang kapok sehari-hari senin hingga kamis, sedangkan apel sehari-hari jumat hingga minggu. Ataupun, boleh pula diberikan bervariasi sehari-hari. Misalnya, hari senin diberikan pisang kapok, selasa diberikan apel, rabu diberikan pisang kapok, kamis diberikan apel, serta begitu seterusnya.
d. Cucak jenggot diberikan madu yng dioleskan di tubuh jangkrik 3 kali dalam seminggu bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan stamina serta menaikan kicauan danbesetannya supaya terdengar Amat keras.
e. Cucak jenggot diumbar di dalam sangkar umbaran selama 1 jam sebanyk 4-5 kali dalam seminggu. Sangkar umbaran yng disediakan ini Perlu berukuran panjang minimal 1,5 meter, agar bisa mampu melatih alur pernapasan cucak jenggot.

B. Pola perawatan cucak jenggot dalam kondisi mabung


Yang akan di sajikan kali ini dipaparkan pola perawatan cucak jenggot dalam kondisi mabung:
1. Cucak jenggot ditempatkan di tempat yng sepi, jauh dari kerumunan orang serta suara-suara cucak jenggot lain. Selain itu, sebaiknya sangkar cucak jenggot lebih tidak sedikit dalam kondisi dikerondong agar bisa cucak jenggot terasa tenang selama melakoni masa mabungnya.
2. Cucak jenggot dimandikan cukup 2 kali dalam seminggu serta dijemur 2 hari sekali selama maksimal 30 menit. Selama mandi serta penjemuran, sebaiknya cucak jenggot disendirikan dari cucak jenggot lain serta burung-burung jenis lain.
3. Andaikan kondisi mabung yng dialami cucak jenggot berada pada tahap ekstrim (mabung total), ia cuma butuh dimandikan 1 kali dalam seminggu serta dijemur 2 kali dalam seminggu.
4. Cucak jenggot diberikan pakan tambahan yang dengannya porsi lebih tidak sedikit serta lebih Suka. Misalnya, andai cucak jenggot biasa diberikan jangkrik 2 ekor pada pagi serta sore hari maka bisa diberikan jangkrik 5-6 ekor pada pagi serta sore hari. Andai cucak jenggot biasa diberikan kroto 3 kali dalam seminggu maka bisa diberikan kroto 6-7 kali dalam seminggu. Andai cucak jenggot biasa diberikan ulat hongkong 2 ekor dalam seminggu maka bisa diberikan ulat hongkong 3 ekor sehari-hari. Pemberian pakan tambahan yang dengannya porsi lebih tidak sedikit serta lebih Suka ini Amat diharapkan cucak jenggot bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertumbuhan bulu-bulunya yng baru sesudah bulu-bulu lamanya rontok pada tatkala mabung.
5. Cucak jenggot diberikan multivitamin yng berguna bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu mempercepat masa mabung, memelihara stamina, serta mencegah tubuh tampak lesu selama melewati masa mabung. Multivitamin ini bisa dibeli di toko-toko yng khusus menjual pakan burung yang dengannya harga mulai Rp.20.000 hingga Rp.70.000. Pilihlah vitamin yng tidak jelek alias bagus yng terbuat dari bahan-bahan paling baik, di antaranya merupakan OrBird.
6. Cucak jenggot diberikan buah papaya yang dengannya intensitas lebih Suka, misalnya 5 kali dalam seminggu. Buah papaya ini Amat berguna bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan stamina serta daya tahan tubuh cucak jenggot selama melewati masa mabung, lantaran mempunyai tidak sedikit kandungan vitamin C.
7. Cucak jenggot dimaster mempergunakan isian-isian burung yng wajib dimiliki selama melewati masa mabung. Pemasteran ini di lakukan mengingat bahwasanya pada tatkala mabung, cucak jenggot lebih tidak sedikit diam serta mendengar. Oleh lantaran itu, ini dia waktu yng tepat bagi atau bisa juga dikatakan untuk memaster cucak jenggot mempergunakan isian-isian burung yng wajib dimiliki.

C. Pola perawatan cucak jenggot dalam kondisi over birahi


Yang akan di sajikan kali ini dipaparkan pola perawatan cucak jenggot dalam kondisi over birahi:
1. Kurangi pemberian jangkrik pada cucak jenggot menjadi 1 ekor pada pagi serta sore hari. Lakukan hal ini selama satu minggu penuh serta lihat perkembangannya. Andaikan sesudah satu minggu kondisi cucak jenggot masih over birahi, tempatkan cucak jenggot di tempat yng tenang ataupun tersendiri. Pisahkan cucak jenggot itu dari cucak jenggot lain serta burung-burung jenis lain yng mampu membuatnya terus mengalami kondisi over birahi.
2. Berikan ulat bambu pada cucak jenggot sebanyk 1 ekor sehari-hari pada pagi hari. Lakukan hal ini selama satu minggu penuh serta lihat perkembangannya. Andaikan sesudah satu minggu kondisi cucak jenggot masih saja over birahi maka tiadakan pemberian voer sementara. Menjadi gantinya, berikan buah-buahan semisal pisang kapok. Yang dengannya demikian, selama masa perawatan ini, pisang kapok menjadi pakan utama bagi cucak jenggot yng mengalami kondisi over birahi.
3. Tambahkan frekuensi mandi cucak jenggot menjadi lebih Suka, misalnya pada pagi serta malam hari. Lakukan hal ini selama satu minggu penuh ataupun hingga cucak jenggot telah tak lagi menunjukan kondisi over birahi.
4. Kurangi penjemuran cucak jenggot dari yng umumnya selama 1-2 jam per hari menjadi 30 menit per hari. Lakukan hal ini selama satu minggu penuh ataupun hingga cucak jenggot telah tak lagi menunjukan kondisi over birahi.
5. Umbar cucak jenggot di dalam sangkar umbaran lebih lama dari umumnya, misalnya sekitar 2 jam sebanyk 4-5 kali dalam seminggu. Lakukan hal ini hingga cucak jenggot tak lagi menunjukan kondisi over birahi.
6. Jangan tidak ingat, selama masa perawatan, cucak jenggot diberikan multivitamin khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi kondisi over birahi. Multivitamin ini bisa dibeli di toko-toko yng khusus menjual pakan burung yang dengannya kisaran harga Rp.25.000.

D. Pola perawatan cucak jenggot dalam kondisi siap lomba


Berikut beberapa pola perawatan cucak jenggot dalam kondisi siap lomba yng butuh kamu ketahui:
1. Pola perawatan cucak jenggot siap lomba di lakukan 3 hari sebelum hari H. jadi, andai lomba diadakan pada hari sabtu maka persiapan lomba mulai di lakukan hari rabu. Andai lomba diadakan pada hari senin maka persiapan lomba mulai di lakukan pada hari jum’at.
2. Dalam waktu 3 hari itu, cucak jenggot butuh disendirikan di tempat yng tenang ataupun sekiranya tak mampu melihat keberadaan cucak jenggot lain serta burung-burung jenis lain, dan tak mampu mendengarkan kicauannya.
3. Dalam waktu 3 hari itu, cucak jenggot butuh diberikan jangkrik yang dengannya porsi lebih tidak sedikit, yaitu 8 ekor pada pagi hari serta 7 ekor pada sore hari. Tata tips pemberian jangkrik ini semisal pada hari-hari umumnya, yaitu yang dengannya membuang kepala, sayap, serta dua kaki belakangnya yng tajam.
4. Selama wkatu 2 hari sebelum lomba, cucak jenggot cukup dijemur 30 menit per hari, yaitu pada pukul 08.00-08.30 ataupun 08.30-09.00. selama proses penjemuran, cucak jenggot tak boleh diberikan jangkrik, lantaran dikhawatirkan mampu menaikan birahinya. Pemberian jangkrik pada cucak jenggot cuma boleh di lakukan sebelum penjemuran, yaitu pukul 06.00-07.30.
5. Malam hari sebelum lomba, cucak jenggot dimandikan di dalam karamba ataupun disemprot yang dengannya mempergunakan sprayer (bergantung kebiasaan cucak jenggot yang telah di sebutkan). Mandi mala mini dimaksudkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi birahi cucak jenggot supaya tetap berada dalam kondisi normal ataupun stabil. Mandi malam bagi cucak jenggot ini bisa di lakukan pukul 19.00 selama tidak lebih lebih 10 menit.
6. Tiga jam sebelum lomba dimulai, cucak jenggot diberikan ulat hongkong sebanyk 8-10 ekor ditambah 2 ekor jangkrik. Pemberian pakan tambahan ini dimaksudkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat tubuh cucak jenggot menjadi panas, menjadikan bisa atau mampu berkicau keras serta menampilkan performa terbaiknya disaat dilombakan.
7. Selama menunggu lomba dimulai, sebaiknya cucak jenggot diperdengarkan yang dengannya lagu-lagu bernada slow. Hal ini dimaksudkan supaya cucak jenggot terasa tenang serta tak bongkar isian dahulu sebelum dilombakan.
8. Selama menunggu waktu mulai lomba, sebaiknya cucak jenggot pula dikenalkan sebentar yang dengannya tempat barunya yang dengannya tips membuka tidak banyak kerondong selama 15 menit. Akan tetapi, selama melakukan hal ini, usahakan supaya cucak jenggot tak bongkar isian dahulu sebelum dilombakan. Pengenalan tempat ini dimaksudkan supaya cucak jenggot tak kaget yang dengannya tempat barunya yng nantinya dibuat lomba.
9. Selama menunggu waktu mulai lomba, hindari sekali-kali membuat kaget cucak jenggot. Karena, hal itu mampu membuatnya stress serta tak focus bagi atau bisa juga dikatakan untuk menampilkan performa terbaiknya pada ajang lomba yng nantinya akan diikuti.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.budidayakenari.com/2015/11/pola-perawatan-cucak-jenggot.html.