Type something and hit enter

By On
advertise here
Merawat Burung Ciblek Perlu dibedakan antara, burung yng dirawat sejak kecil, burung yng diambil dari penangkaran ataupun pedagang burung, dan pula Perlu dibedakan yang dengannya burung hasil tangkapan di hutan ataupun sawah.
Burung Ciblek ataupun Prenjak adalah tipe burung petarung yng perawatannya tak terlalu susah. Burung ini mempunyai ciri-ciri bunyi yng cukup terang terdengar semisal anak ayam. Akan tetapi, andaikan dirawat serta secara rutin dilatih, burung ini pula mampu bersuara cukup gacor yng dikenal yang dengannya sebutan ngebren.
ciblek ngebren
Awal mulanya perawatan Burung Ciblek memanglah Perlu dibedakan antara burung yng dirawat sejak anakan, burung dari penangkaran, serta burung hasil tangkapan di hutan. Akan tetapi sesudah itu, hampir seluruh burung jenis ini dirawat serta diperlakukan yang dengannya tatacara yng percis sehari-hari.
Agar burung ini mampu menjadi satu dari sekian banyaknya gacoan yng patut bagi atau bisa juga dikatakan untuk diikutkan ke dalam lomba, berikut merupakan cara dalam merawat burung yang telah di sebutkan.
Cara Merawat Ciblek
Sebelum kamu merawat Burung Ciblek, kamu tentu diharuskan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memilih bakalan ataupun calon burung yng akan kamu rawat lebih-lebih andai membeli di pedagang burung yng melakukan penangkaran.
Pemilihan burung yang telah di sebutkan Perlu didasari kondisinya yng sehat, tak cacat, serta usahakan masih berusia muda yang dengannya tubuh yng sempurna supaya lebih gampang dijinakkan serta lebih gampang membiasakannya memakan voer.
Sedangkan burung yng didapatkan yang dengannya hasil tangkapan entah itu di sawah, ataupun di kebun ataupun hutan, umumnya burung yang telah di sebutkan mempunyai kondisi fisik yng cukup kuat yang dengannya nafas yng panjang lantaran telah terbiasa yang dengannya alam yng liar. Akan tetapi, kondisi yang telah di sebutkan akan menyulitkan kita dalam membuatnya menjadi jinak. Meski demikian, yang dengannya tidak banyak kesabaran, lambat laun burung yang telah di sebutkan mungkin mampu menjadi jinak serta mampu dilatih supaya jago ngebren.
Setingan Harian Burung Ciblek
Sehari-hari, perawatan burung akan kita mulai yang dengannya beberapa rutinitas yang akan di sajikan kali ini supaya mampu menghasilkan burung kicau yng dinginkan.
  1. Sangkar setidaknya Perlu dibersihkan sehari-hari, lebih-lebih bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi kesehatannya.
  2. Setiap pagi sekitar pukul 6.00 ataupun 06.30, buka kerodong burung serta keluarkan dari sangkarnya.
  3. Sebelum burung dimandikan, semprot burung beberapa kali, baru lantas mandikan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memandikan burung ini, mampu mempergunakan cepuk yng disediakan di dalam sangkar.
  4. Seusai itu, angin-anginkan burung sebentar sekitar beberapa tatkala sampai-sampai burung kering.
  5. Ubah air burung andaikan tanpak kotor serta isilah andaikan telah jauh berkurang.
  6. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk makanannya, burung ini menyukai binatang-binatang kecil semisal belalang ataupun jangkrik. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh belalang memanglah terkesan susah, berbeda yang dengannya jangkrik yng telah tidak sedikit di ternak menjadikan cocok dijadikan menjadi makanan extra yng utama bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung. Kamu mampu mengawali perawatan pertama yang dengannya memberikan dua ekor jangkrik di pagi hari serta 2 ekor jangkrik lagi di sore hari.
  7. Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemberian pakan extra berupa kroto, Kamu mampu memberikan burung yang telah di sebutkan 2 kali dalam seminggu ataupun maksimal 3 kali dalam seminggu.
  8. Ataupun, andai kamu ingin memberikan kroto sehari-hari, ada baiknya kamu memberikannya tak terlalu tidak sedikit, misalnya 1 sdt (sendok teh) saja.
  9. Makanan utama burung ini merupakan Voer. Voer sebaiknya dicampurkan yang dengannya susu bubuk serta dilembutkan (lihat pula: makanan ciblek).
  10. Pada tatkala petang ataupun menjelang magrib, Kamu mampu mengkrodong burung yang telah di sebutkan kembali bagi atau bisa juga dikatakan untuk diistirahatkan secara total sampai-sampai keesokan paginya.
  11. Beberapa peternak merekomendasikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk tak menjemur burung andaikan akan diikutkan lomba. Pemberian extra food ataupun pakan berupa kroto serta jangkrik tetap semisal umumnya. Tambahkan pula multivitamin herbal, di antaranya merupakan OrBird.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.budidayakenari.com/2015/08/cara-merawat-ciblek.html.