Type something and hit enter

By On
advertise here
Burung Tledekan yng dikenal selama ini ada beberapa jenis. Diantaranya merupakan Tledekan Gunung Jawa ataupun yng biasa dikenal pula yang dengannya nama Sikatan Cacing. Mempunyai nama latin cyornis banyumas. Selain itu, terdapat pula Tledekan Gunung yng dikenal yang dengannya nama Sikatan Bakau, Tledekan Laut ataupun Sulingan Laut, Tledekan Bambu, dan lain-lain.
tledekan jantan
Seluruh jenis Burung Tledekan yang telah di sebutkan mempunyai tanda khas yng berbeda-beda. Baik burung jantan ataupun burung betinanya. Oleh karena itu, kita akan berupaya membahas perbedaan antara burung jantan dan burung betina pada seluruh jenis Burung Tledekan yang telah di sebutkan.
A. Burung Tledekan Gunung Jawa
Burung ini mempunyai nama lain Sikatan Cacing ataupun dikenal pula yang dengannya sebutan cyornis banyumas. Tak cuma berasal dari Pulau Jawa, sebetulnya burung ini pula mampu didapati di Pulau Kalimantan.
Tanda Burung Tledekan Gunung Jawa Jantan
Burung ini mempunyai dominasi warna bulu biru, orange dan hitam. Di bagian kepala lebih-lebih di atas kepala, di bagian punggung dan ekor burung ini dipenuhi yang dengannya warna biru. Lantas pada bagian tenggorokan sampai-sampai perut burung Sikatan Cacing jantan berwarna orange. Lantas pada bagian perut sampai-sampai bawah ekor terdapat gradasi dari warna orange ke warna putih.
Di bagian sayap, selain warna biru, kita akan menjumpai warna hitam lebih-lebih pada ujungnya.
Tledekan jantan mempunyai bunyi kicauan yng nyaring dan ngeroll.
Amat berbeda yang dengannya Burung Tledekan jantan, Burung Tledekan Gunung Jawa betina didominasi oleh warna coklat terang dan semburat berwarna biru. Di bagian kepala, punggung, sayap, dan ekor, semuanya berwarna coklat. Lantas pada tenggorokan dan dada dan perut burung ini berwarna orange terang. Warna orange yang telah di sebutkan diselingi yang dengannya warna putih.
B. Tledekan Gunung Kalimantan
Tledekan Gunung Kalimantan disebut pula burung Sikatan Bakau mempunyai nama latin cyornis rufigastra. Tidak sedikit peternak mengujarkan bahwasanya Sikatan Bakau merupakan satu dari sekian banyaknya jenis Burung Tledekan yng rada susah mengeluarkan bunyi. Akan tetapi andaikan telah bersuara, rata-rata Burung Tledekan Bakau menjadi gacor dan ngeroll.
Perbedaan Antara Burung Jantan dan Betina
Burung jantan mempunyai paruh yng berwarna lebih terang dibandingkan yang dengannya burung betina. Bagian kepala, lebih-lebih bagian atas dan punggung dan pangkal sayap berwarna biru. Di sekeliling mata, burung ini mempunyai bulu berwarna hitam.
Mulai dari tenggorokan dada dan sekitar perut warna orange tampak terperinci. Dan di bawah perut warna bulunya tampak putih.
Tanda-ciri Burung Tledekan Gunung Kalimantan Betina mempunyai warna bulu biru yng lebih gelap dibandingkan yang dengannya bulu jantan. Lantas pada tenggorokan, dada dan perut, bulunya tampak kusam terlihat merah kecoklat-coklatan dan dipadu yang dengannya warna putih.
C. Tledekan Laut ataupun Sulingan Laut
Burung Tledekan Laut ataupun dikenal pula yang dengannya nama Burung Sulingan Laut, beberapa orang menyebutnya pula yang dengannya sebutan Burung Sikatan Biru Putih mempunyai nama latin cyanoptila cyanomelana.
Perbedaan antara burung jantan dan betina diantaranya merupakan, Burung Sikatan Biru Putih jantan mempunyai bulu berwarna biru di bagian atas kepala, lantas di bagian punggung dan sayap dan ekor. Warna biru yang telah di sebutkan tampak mengkilat. Lantas dibawa tenggorokan dan di bagian dada terdapat warna biru gelap sampai-sampai hitam. Mulai dari bawah dada sampai-sampai ke perut dan dibawah ekor, burung jantan didominasi yang dengannya warna putih.
Sedangkan burung betina, secara umum dikuasai mempunyai warna abu-abu kecoklat-coklatan. Mulai dari kepala punggung dan bagian dada. Sedangkan di bawah perut sampai-sampai ekor, burung betina mempunyai bulu warna putih. Warna biru cuma didapati pada beberapa tempat misalnya di pangkal sayap dan di ujung sayap, tempat-tempat tersbut berwarna biru gelap. Salah satunya pula di bagian ekor.
D. Tledekan Biru ataupun Selendang Biru
Tledekan biru yng dikenal diantaranya merupakan Tledekan Biru Muda dan Tledekan Ninon.
Perbedaan antara burung jantan dan betina sebetulnya Amat mencolok. Yng jantan mempunyai warna bulu, mulai dari kepala, leher dan dada dan punggung berwarna biru terang. Sebagian orang mengujarkan burung ini menjadi Sikatan Biru Muda.
Di bawah dada sampai-sampai perut, dan di bawah ekor, bulunya didominasi yang dengannya warna abu-abu.
Sedangkan pada burung betina, didominasi bulu berwarna abu-abu putih dan coklat terang.
Hampir tak didapati warna biru pada burung betina. Bagian kepala sayap dan ekor burung betina berwarna coklat. Sedangkan pada bagian leher dan dada dan perut burung ini berwarna putih.
Jenis Ninon
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung jenisnya Ninon, bulunya tak secemerlang ataupun sejelas Burung Sikatan Biru Muda. Tampaknya burung jantan mempunyai bulu yng kelihatan lebih kusam meskipun sama-sama mempunyai bulu warna biru.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.budidayakenari.com/2015/10/tledekan-jantan-dan-betina.html.