Type something and hit enter

By On
advertise here
Burung pleci yng bisa atau mampu berkicau yang dengannya kualitas paling baik tentunya yng berjenis kelamin jantan. Untuk itu, sobat menjadi pleci mania tentunya Perlu tahu tips membedakan pleci jantan dan betina yang dengannya akurat. Karena bila kamu salah dalam menentukan jenis kelaminnya, maka mampu saja kamu menyesal di lantas hari. Karena pleci ataupun burung kacamata yng kamu rawat diluar dugaan betina, lantaran kamu belum mampu menentukan perbedaan pleci jantan dan betina.
Perbedaan tanda pleci jantan dan tanda pleci betina terbilng cukup susah bagi pemula. Lantaran burung mungil yng pandai berkicau ini salah satunya burung monomorfik pengertiannya antara burung pejantan dan betina mempunyai tingkat kemiripan yng nyaris percis, baik dari segi postur dan corak warna bulunya. Menjadikan susah memanglah dalam menentukan jenis kelaminnya. Walau begitu, menjadi pecinta pleci sebaiknya bisa atau mampu bagaimana tips membedakan pleci betina dan pejantan.
cara membedakan pleci jantan dan betina
Pada tatkala menentukan perbedaan pleci jantan dan betina sebetulnya ada beberapa hal yng mampu dijadikan acuan. Dalam hal ini merupakan mengamati didasari ciri-ciri fisik dan tingkah laku si burung mungil ini. Adapun tanda fisik yng dimaksud yakni warna bulu, ketebalan lingkar mata, postur badan, bentuk ekor, ukuran kepala, dan sebagainya.
Cara Membedakan Pleci Jantan dan Betina Akurat
Tanda pleci jantan:
  1. Ukuran kepala lebih besar dibanding betina.
  2. Bentuk paruh terlihat lebih besar dan sering pendek.
  3. Klep lingkar mata putih bagian bawah tampak lebih tebal dan tegas.
  4. Kloaka relatif lebih panjang dan tidak sedikit mempunyai bulu halus.
  5. Ujung ekornya lebih lancip semisal huruf v dan bulu ekor lebih panjang.
  6. Kaki lebih jenjang ataupun tinggi.
  7. Badannya relatif panjang dan ramping dari pada pleci betina.
  8. Warna bulu disekujur tubuhnya sering lebih pekat.

Tanda pleci betina:
  1. Kepala berukuran lebih kecil.
  2. Paruhnya lebih panjang dan tampak lebih tipis.
  3. Klep lingkar mata putih terlihat lebih tipis.
  4. Kloaka pleci betina ditumbuhi tidak banyak bulu.
  5. Ekor lebih pendek yang dengannya ujung ekor yng rata.
  6. Kakinya sering lebih pendek.
  7. Postur badan sering agak bulat dan kecil.
  8. Warna bulunya sering agak kusam ataupun tidak setegas pada pejantan.

Beberapa tanda fisik di atas mampu dijadikan acuan tepat tatkala menetukan mana pleci jantan dan pleci betina. Selain bisa menentukan kelamin pleci melalui tanda fisik, mampu pula menentukan kelaminnya didasari tingkah laku si burung bertubuh mini ini.
9. Tingkah laku pleci jantan
Pada pleci jantan pergerakannya Amat lincah dan gesit dan andaikan ia dimandikan maka pada bagian atas kepala umumnya terlihat semisal jambul yng menghadap ke atas.
10. Tingkah laku pleci betina
Pada pleci betina perawakannya sering lebih pendiam dan tatkala dimandikan maka bulu di bagias atas kepalanya umumnya tak terlihat semisal jambul. Itulah cara tips membedakan pleci jantan dan betina yng akurat. Mudah-mudahan berguna.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.kenarimania.com/2017/02/cara-membedakan-pleci-jantan-dan-betina.html.