Type something and hit enter

By On
advertise here
Jenis ciblek di artikel ini menjadi pemaparan yng cukup menarik, mengingat banyaknya sobat kicaumania yng barangkali masih awam seputar burung ciblek, lebih-lebih mengenai ragam ciblek yng ternama di Indonesia.
gambar ciblek
Burung Ciblek ataupun Burung Prenjak mempunyai beberapa jenis, serta beberapa orang mengkategorikannya didasari daerah asal ataupun didasari ciri-cirinya. Burung ini mempunyai bunyi yng unik serta cenderung monoton menjadikan tidak sedikit dijadikan menjadi master (simak: bunyi ciblek). Sedangkan andaikan dilatih serta dirawat, burung jenis ini pula mampu menghasilkan beraneka bunyi yng terdengar cukup nyaring, bervariasi, monoton, serta jernih (ngebren).
Perawatan serta penangkaran ciblek tidak sedikit yng menganggapnya gampang, lantaran burung ini pakannya gampang didapatkan serta tak gampang stres. Akan tetapi yng menjadi susah bila ditemui macam-macam masalah, misalnya: ciblek terserang penyakit bubul, katarak, kaki bengkak, dan juga lain-lainya (lihat pula: ternak ciblek).
Tempat asli burung ini cukup bervariasi mulai dari hutan, terkadang pula hidup di kebun ataupun di sawah. Makanan utamanya merupakan serangga serta binatang-binatang kecil. Burung ini mempunyai kebiasaan membuat sarang di tempat yng tak terlalu tinggi serta tak lebih dari dua meter dari atas tanah. Sarangnya berbentuk bulat terbuat dari rumput-rumput kering.
Ada beberapa nama yng diberikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung kecil ini diantaranya merupakan,
  1. Ciblek Sawah
  2. Ciblek Gunung
  3. Ciblek Putih
  4. Ciblek Pari
  5. Ciblek Tambak
  6. Ciblek Kebun
  7. Ciblek Kristal
  8. Ciblek Semi
Akan tetapi secara khusus, Burung Ciblek dikategorikan menjadi dua ataupun tiga kelompok saja Misalnya,
  1. Ciblek Gunung
  2. Ciblek Sawah
  3. Ciblek Tambak
Masing-masing kategori burung yang telah di sebutkan mempunyai beberapa ciri-ciri umum yng membedakan antara satu dengan yng lain-lainnya. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih jelasnya, berikut merupakan beberapa perbedaannya.
Tanda Ciblek Gunung
ciblek gunung
  1. Perawakannya kecil, tampak lincah serta mempunyai semangat bertarung yng tinggi. Tipe burung ini Amat liar serta mempunyai mental yng tangguh menjadikan cocok dijadikan menjadi burung lomba.
  2. Warna bulu burung ini cenderung kecoklatan dengan warna hitam di bagian ujung ekor serta mempunyai paruh dengan warna yng pula hitam.
  3. Bulu Ciblek Gunung tampak mengkilat serta bersih.

Tanda Ciblek Sawah
ciblek sawah
  1. Tidak banyak berbeda dengan Ciblek Gunung, burung ini mempunyai ciri-ciri paling kentara terlihat pada ekornya yng Amat panjang, malah terkadang lebih panjang dari ukuran tubuhnya.
  2. Warna bulunya tak terlalu mengkilat serta di bagian dada terdapat warna putih.
  3. Ciblek Sawah cenderung dijadikan menjadi burung master serta bukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk di master. Selain itu, bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih gampang mengenali burung ini, umumnya dilihat dari warna paruhnya yng cenderung lebih terang dibandingkan dengan ciblek lain-lainnya.

Tanda Ciblek Tambak
ciblek tambak
  1. Ciblek tambak mempunyai warna paling gelap diantara Ciblek-ciblek yng lain, akan tetapi pula mempunyai warna putih yng cukup terang dipadukan dengan warna kuning.
  2. Tanda utama dari Ciblek Tambak merupakan paruhnya yng hitam pekat
  3. Mempunyai ekor hitam berujung putih, dan
  4. Dibagian bawah paruh serta dada berwarna putih, lantas
  5. Pada bagian perut berwarna kuning.

Demikian share bagi atau bisa juga dikatakan untuk hari ini mengenai jenis ciblek, serta dalam merawat ciblek, perhatikan pula sangkarnya, silahkan baca tulisan atau artikel ihwal sangkar ciblek.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.budidayakenari.com/2015/08/jenis-ciblek.html.