Type something and hit enter

By On
advertise here
Jalak Rio disebut pula burung Jalak Rio-rio adalah satu dari sekian banyaknya jenis burung jalak yng mempunyai warna bulu hitam layaknya burung Jalak Kerbau akan tetapi mempunyai paruh yng cukup besar berwarna kuning gading dan mempunyai warna bulu merah tua di bagian punggung serta ekor.
Beberapa orang menyebut burung Jalak rio-rio yang dengannya Jalak Tungkir Merah. Dalam sebutan asing burung ini dikenal yang dengannya nama Grossbeak Starling serta mempunyai nama ilmiah scissostrum dubium. Ini merupakan satu dari sekian banyaknya spesies burung Sturnidae ataupun jalak-jalakan.
jalak rio
A. Tanda-ciri Burung Jalak Rio
Burung jalak yng tidak sedikit didapati di Kepulauan Banggai, Kepulauan Togean, Pulau Lembeh serta Pulau Bangka di Sulawesi ini mempunyai beberapa ciri-ciri yng biasanya dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengenali burung yang telah di sebutkan. Diantaranya merupakan:
Ukuran ataupun panjang tubuh burung ini yng telah dewasa sekitar 20 cm. Mempunyai bulu yng didominasi warna gelap ataupun abu-abu gelap sampai-sampai hitam.
Di bagian tungkir ataupun pantat dan ekor burung ini mempunyai bulu berwarna merah gelap.
B. Tempat asal Burung Jalak Rio
Burung ini tidak sedikit didapati di bagian timur Indonesia semisal di Pulau Sulawesi. Hasil tangkapan di Pulau Sulawesi umumnya dibawa ke beberapa pulau lain semisal Pulau Jawa serta Pulau Kalimantan.
C. Tempat asal Jalak Rio
Tempat asal burung ini tak jauh berbeda yang dengannya burung jalak lain-lainnya yakni, menyukai lembah, tempat-tempat terbuka dan dekat yang dengannya pemukiman. Burung Suka terlihat membuat sarang di batang pohon yng telah mati layaknya burung pelatuk.
D. Makanan Burung Jalak Rio
Burung ini Amat menyukai biji-bijian, serangga, serta buah-buahan. Seorang peternak umumnya memberikan burung ini makanan utama berupa voer serta memberikan makanan ekstra berupa jangkrik ataupun kroto dan buah-buahan semisal buah pisang serta buah pepaya.
E. Kelebihan Burung Jalak Rio
Daya tarik utama burung ini merupakan suaranya yng melengking serta ngbrem ataupun nembak. Dikenal pula menjadi burung yng gacor serta pandai lantaran mampu menirukan tidak sedikit bunyi burung serta bunyi binatang.
F. Master Jalak Rio
Lantaran mempunyai bunyi yng nembak serta tajam ataupun nyerecet, burung ini tidak sedikit dijadikan menjadi master bagi atau bisa juga dikatakan untuk beberapa burung kicau semisal Burung Murai Batu serta lain-lain.
G. Perawatan burung Jalak Rio
Dalam merawat burung Jalak Rio sebetulnya tak jauh berbeda yang dengannya tatacara merawat burung Jalak Kerbau ataupun burung Jalak Suren. Sehari-hari burung ini Perlu dimandikan yang dengannya metode semprot ataupun mempergunakan keramba.
Seusai dimandikan burung lantas dijemur sembari diberikan extra food (EF) ataupun makanan ekstra berganti jangkrik sebanyk 3 sampai-sampai 5 ekor per hari.
Di hari-hari tertentu, 3 kali dalam seminggu, mampu diberikan buah-buahan berupa buah pisang ataupun buah pepaya.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.budidayakenari.com/2015/10/jalak-rio.html.