Type something and hit enter

By On
advertise here
Burung Ciblek sejatinya tak jauh berberbeda yang dengannya burung-burung pada biasanya. Baik itu perawatan, pelatihan, ataupun pun penyakit, burung ini mempunyai kesamaan yang dengannya burung lain-lainnya. Namun bagi atau bisa juga dikatakan untuk urusan pakan, barangkali beberapa burung mempunyai tidak banyak perbedaan. Namun perlepas daripada itu, hampir seluruh burung mempunyai kesamaan. Di antaranya merupakan sama-sama mengalami molting.
Molting sendiri adalah proses normal yng dialalami burung bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencapai kedewasaan. Umumnya, burung yng mengalami molting akan kehilangan bulunya secara bertahap. Namun seusai proses ini berakhir, burung akan mempunyai bulu-bulunya kembali.
ciblek molting, ciblek ganti bulu
Sesudah melewati proses ini, bulu burung akan tumbuh serta lebat yang dengannya sendirinya. Cuma saja, andai berbicara kapan, seluruh bergantung pada metode perawatan molting pada Burung Ciblek itu sendiri, apakah efektif ataupun tak.
Butuh diketahui, beberapa perawatan barangkali terbilang efektif lantaran telah tidak sedikit yng mempergunakan. Namun sebagian lain-lainnya, belum terbukti ampuh bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempercepat proses molting. Pengertiannya, perawatan-perawatan ini belum tidak sedikit dipakai, serta keefektivitasannya pun masih dipertanyakan.
Namun Kamu tak butuh khawatir akan perawatan yng efektif serta teruji. Lantaran berikut merupakan beberapa metode perawatan yng telah terbukti ampuh bisa mempercepat proses molting pada burung:
1. Perawatan yang dengannya full kerodong
1.1. Petama, pindahkan burung ke tempat yng lebih tenang serta berikan full kerodong selama Ia dalam kondisi molting.
1.2. Berikan asupan extra food (EF)/makanan ekstra yng lebih tidak sedikit dari umumnya, khususnya pemberian kroto.
1.3. Penjemuran baiknya di lakukan 2 minggu sekali, setiap pagi, selama 30 menit.
1.4. Hindari perawatan mandi selama kondisi burung tengah molting.
1.5. Maksimalkan proses pemasteran yang dengannya bunyi Kenari.
2. Metode perawatan yang dengannya mandi serta berjemur
2.1. Selama proses molting,burung boleh dimandikan serta dijemur, akan tetapi yang dengannya durasi yng lebih tidak banyak.
2.2. Perawatan molting pada Burung Ciblek ini pun mampu di lakukan yang dengannya proses mandi ringan, ataupun mandi yng cuma di lakukan yang dengannya penyemprotan sprayer, tanpa membuat burung basah kuyup.
2.3. Penjemuran mampu di lakukan tiap hari,yakni dari jam 7 – 8 pagi. Durasinya pun tak boleh lebih dari 1 jam. Cukup 30 – 45 menit setiap pagi.
2.4. Sesudah penjemuran selesai, burung mampu diangin-anginkan, lantas dikerodong serta digantang di tempat yng lebih tenang.
2.5. Pemberian pakan mampu di lakukan tatkala proses penggantangan. Pakan sendiri terdiri beragam EF, mampu berupa jangkrik ataupun pun kroto.
2.6. Pengangin-anginan pula di lakukan jam 1 siang selama 15 menit. Sesudah proses ini selasai, burung mampu kembali dikerodong sampai-sampai jam 4 sore.
2.7. Tatkala jam 4 sore, burung diberikan pakan berupa 1/2 sendok teh kroto segar. Sesudah itu kembali dikerodong serta biarkan Ia beristirahat.
2.8. Metode perawatan molting pada Ciblek ini baiknya di lakukan tiap hari hingga bulu-bulu halus muncul serta tumbuh.
3. Metode perawatan minyak ikan tanpa mandi serta berjemur
3.1. Tatkala proses molting, burung dianjurkan dalam kondisi full kerodong, tanpa mandi ataupun pun berjemur.
3.2. Pakan baiknya diberikan tiap hari, yakni pagi serta sore, yang dengannya menu anjuran berupa ½ sendok makan jangkrik serta 2 ekor jangkrik.
3.3. Pemberian minyak ikan ataupun anak ikan pun mampu diberikan tiap hari bagi atau bisa juga dikatakan untuk merangsang pertumbuhan bulu.
3.4. Penggantangan pula mesti di lakukan sehari-hari, baiknya di lakukan di tempat lembab serta tenang. Proses ini pula mampu dibarengi yang dengannya proses pemasteran bunyi Kenari.
3.5. Sesudah bulu halus mulai tumbuh, burung mampu rutin diberikan perawatan mandi.
4. Metode perawatan yang dengannya karantina serta suplemen
4.1. Metode perawatan molting pada Burung Ciblek ini haruslah di lakukan berjauhan yang dengannya burung sejenis, ataupun burung yng mampu merangsang aktivitas berkicau.
4.2. Baiknya tempatkan burung pada ruangan kosong, tenang, serta tidak banyak lembab.
4.3. Jangan tidak ingat bagi atau bisa juga dikatakan untuk lakukan perawatan full kerodomg supaya burung lebih tenang serta tak stres.
4.4. Pemasteran pula mampu di lakukan tiap hari, yakni tatkala kondisi tengah tenang serta rileks tatkala digantang.
4.5. Berikan pula EF secara rutin, baik itu pagi serta sore hari.
4.6. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempercepat proses, Kamu mampu genakan multivitamin burung yng bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempercepat proses molting serta membuat kondisi burung tetap fit tatkala molting.
Itulah tadi 4 metode perawatan molting pada Burung Ciblek. Kamu mampu menerapkan perawatan ini tatkala kondisi burung tengah molting. Yang dengannya menerapkannya, diharapkan proses molting akan berjalan lancar serta sempurna.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.budidayakenari.com/2016/06/perawatan-molting-pada-ciblek.html.