Type something and hit enter

By On
advertise here
5 faktor penyebab telur kenari gagal menetas - Mendapati telur kenari gagal menetas adalah hal yng Suka dialami oleh sebagian besar peternak. Andai menglami hal demikian sebaiknya segera mencari tahu penyebabnya supaya tak terjadi lagi kembali di lain waktu. Masalah telur kenari yng pada gagal menetas adalah permasalahan yng cukup menjengkelkan penangkar, bagaimana tak telur kenari yng telah ditunggu berhari-hari diluar dugaan tak menetas pada akhirnya.

Dalam merawat serta beternak kenari ada saja masalah-masalah yng sejatinya tak diharapkan oleh penangkar misalnya kenari sakit, kenari tak segera nelor serta sesudah bertelur diluar dugaan tak jadi menetas. Memanglah dalam hal apapun dibutuhkan kesabaran serta ketelatenan supaya mampu melewati masa-masa susah salah satunya dalam membudidayakan burung kenari ini.
Telur kenari gagal menetas
Bagi para kenari mania yng masih belum berpengalaman, tentunya ingin tahu apa sih penyebab telur kenari gagal menetas? Untuk itu kamu mampu simak bebapa faktor di bawah ini.
5 Faktor Penyebab Telur Kenari Gagal Menetas
1. Telur kenari tak isi ataupun tak fertile / infertile
Pengertiannya telur kenari yng dierami diluar dugaan tak fertil lantaran induk kenari betina tak dibuahi oleh sel induk kenari jantan. Akan tetapi adakalanya meskipun induk betina telah kawin yang dengannya pejantan namun sebagian telurnya tak ngisi.

2. Suhu yng ekstrim
Satu dari sekian banyaknya penyebab kenapa telur kenari yng dierami gagal menetas ya lantaran suhu udara yng ekstrim, maksudnya kondisi cuaca yng terlalu panas ataupun mampu jadi terlalu dingin. Andai telur-telur yng dierami kepanasan maka embrio yng ada didalamnya akan dehidrasi lantas mati, andai telah begini maka bisa dipastika telur kenari tak mampu menetas. Untuk itu jangan pernah menjemur kenari yng tengah mengerami telurnya. Dan umumnya pada musim kemarau suhu udara Amat panas begitupun sebaliknya di tatkala musim penghujan.
3. Perubahan cuaca yng tak menentu
Pada musim hujan umumnya cuaca tak menentu, terkadang mendung kadang kala terang meskipun lebih Suka mendungnya. Andaikan dilangit terlihat mendung umumnya suhu udara naik akan tetapi disaat telah turun hujan maka suhu sekitar langsung turun secara drastis, ini dia yng mampu bikin anakan kenari mati sebelum menetas.
4. Indukan kenari tidak lebih vitamin
Baik induk kenari betina ataupun jantan (pemacek) sebaiknya kebutuhan vitamin serta nutrisi Perlu tercukupi melalui dari pakan kesahariannya, mampu pula yang dengannya mempergunakan tambahan multivitamin khusus ternak kenari. Saat ini ini Amat gampang memperoleh vitamin khusus penangkaran di pasaran. Andaikan indukan kenari yng tengah diternak kekurangan vitamin khususnya vitamin E yng bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu menaikan daya reproduksi burung kenari, maka akan berpengaruh ke embrio yng ada didalam telor kenari yang telah di sebutkan yakni embrio ataupun calon anakan jadi tak sehat sampai-sampai akhirnya gagal menetas.
5. Dari indukan kenari itu sendiri
Supaya telur kenari yng tengah dierami indukannya bisa menetas, seharusnya induk kenari yang telah di sebutkan Perlu mengerami telurnya setiap tatkala. Ada kalanya induk betina yng malas-malasan mengerami telurnya sendiri, semisal Suka keluar sarang malah ada pula yng tak mau mengeram. Nah andai telah demikian maka telah pasti 100 % telur kenari pasti gagal menetas.
Lantas apa solusinya?. Oke kalau begitu saya berupaya memberikan solusi dari permasalahan ini.
Solusi Telur Kenari Gagal Menetas
  1. Andai telur kenari tak ngisi ataupun tak fertile. Maka sebaiknya perhatikan tatkala proses menjodohkan kenari sampai-sampai ke tahap mengawinkan kenari betina yang dengannya pejantan, bila butuh potong bulu-bulu halus yng ada di sekeliling kloaka kenari betina serta pejantan, supaya tak menghambat tatkala proses kawin.
  2. Bila temperatur udara yng terlalu panas ataupun tak menentu. Maka butuh di lakukan penyemprotan yang dengannya air di sekeliling tempat sangkar, mampu pula dangan menempatkan kipas angin kecil di loaksi sangkar peternakan, supaya suhu udara disekitar lebih dingin serta stabil. Untuk itu penting pula penangkar melengkapi yang dengannya alat termometer di area sangkar.
  3. Rawatlah kenari indukan yang dengannya baik, mulai dari memandikannya, penjemuran sampai-sampai memenuhi kebutuhan pakannya yng memiliki kandungan gizi dan nutrisi yng cukup.
  4. Andaikan penyebabnya dari idukan kenari betina yng Suka keluar tatkala menegerami telurnya. Maka segera rubah indukan yang telah di sebutkan tentunya yang dengannya induk betina yang lebih baik karakternya.
  5. Supaya ternak kenari lebih efektif baik dari segi waktu ataupun dalam hal teknis, maka butuh di lakukan pengecekan/peneropongan telur kenari. Andai telur telah ketahuan tak ngisi maka segera dibuang supaya indukan cepat bertelur lagi. Peneropongan telur mampu di lakukan andaikan telur kenari telah dierami selama 7 hari.

Simak pula:
  • Tips meneropong telur Kenari
  • Cara perawatan Kenari sebelum beternak
  • Cara perawatan piyik Kenari baru menetas
Demikianlah postingan yng membahas wacana 5 faktor penyebab telur kenari gagal menetas. Mudah-mudahan tuliasan simpel ini mampu menjadi tambahan wawasan kamu khususnya dalam menganalisa telur kenari yng tak menetas dan bisa atau mampu mengatsinya. Salam berhasil.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.kenarimania.com/2015/05/5-faktor-penyebab-telur-kenari-gagal-menetas.html.