Type something and hit enter

By On
advertise here

Baca Pula !

Cara ternak lovebird - Satu dari sekian banyaknya jenis burung kicau yng masih serta lagi ngetren tatkala ini dan mempunyai nilai jual cukup tinggi yakni Burung Loverbid, si kicauan pesolek yng cantik pula pandai berkicau yang dengannya kualitas bunyi kekean panjang yng khas. Lovebird sampai-sampai kini terus difavoritkan oleh kalangan kicau mania menjadi burung kontes ataupun bagi atau bisa juga dikatakan untuk bunyi-bunyian di rumah. Berkat ketenaran lovebird itulah maka ternak lovebird mampu menjadi pengganti kesempatan usaha bagi kamu yng ingin mencobanya.
ternak lovebird, cara ternak lovebird
Dalam praktek ternak lovebird mampu diktakan relatif gampang bagi yng sudah berpenglaman sedangkan bagi orang-orang yng masih pemula tentu masih agak kesulitan lebih-lebih tatkala membedakan lovebird jantan serta betina. Baca: Perbedaan Lovebird Jantan serta Betina.
Andaikan kamu bisa menentukan jenis kelamin lovebird pastinya proses penangkaran akan berjalan lebih lancar. Mampu kebayang kan..! apa jadinya bila lovebird yng diternak diluar dugaan jantan seluruh ataupun sama-sama betina, yng terperinci orang-orang tak akan pernah menghasilkan anakan.
Dalam beternak lovebird ada beberapa cara yng mampu dipilih pertama ternak lovebird sepasang serta kedua ternak lovebird koloni. Dari kedua metode yang telah di sebutkan tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri. Pada tatacara di artikel ini Burung Babe khususkan cara tatacara ternak lovebird sepasang lantaran Amat cocok bagi pemula.
Cara Ternak Lovebird
Berikut beberapa tahapan dalam budidaya lovebird.
#1. Menyiapkan sangkar ternak lovebird
Tahap awal sekali yakni menyediakan sangkar khusus ternak. Sangkar ternak lovebird umumnya berbentuk kotak persegi yng terbuat dari jeruji besi, tatkala ini Amat gampang kita jumpai di toko-toko pakan burung. Adapun harga sangkar penangkaran lovebird terbilang lumayan tidak murah karena bahan materialnya memanglah dibuat dari besi, bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh sangkar ini kamu mampu merogoh kocek tidak lebih lebih Rp 150.000 per biji.
Serta jangan tidak ingat lantas sangkar dilengkapi pula yang dengannya glodok tempat burung bertelur. Dalam penangkaran lovebird wajib mempergunakan glodok karena burung paruh bengkok ini di tempat asal aslinya bertelur di lubang-lubang kayu, hal ini berbeda yang dengannya burung kenari, kacer serta murai batu.
#2. Menyiapkan sepasang lovebird
Semisal yng sudah disinggung di atas, apa jadinya andai lovebird yng kita tangkar diluar dugaan berjenis kelamin percis, yah pastinya orang-orang tak akan pernah mampu menghasilkan keturunan.
Butuh diketahui bahwasanya lovebird yng dibudidaya berjenis betina seluruh, maka orang-orang pula mampu bertelur akan tetapi hingga kapan pun telurnya tak akan pernah menetas, disamping itu telur yng diperoleh umumnya berjumlah lebih tidak sedikit mampu hingga 8 butir, karena dari kedua indukan sama-sama bertelur.
Akan tetapi ciri andai lovebird yng diternak sama-sama pejantan maka orang-orang tidak akan bertelur. Oleh lantaran kamu jangan salah menyipakan sepasang induk lovebird yakni jantan serta betina.
Tanda-Tanda Lovebird Betina Dewasa:
  • Suka terlihat ngapal, pengertiannya kedua sayap direntangkan tengah pada bagian ekor diangkat ke atas itu membuktikan siap kawin serta ingin segera kawin. Andai kamu melihat tingkah laku lovebird begitu segera jodohkan ataupun kawinkan.
  • Mempunyai ukuran supit urang yng lebih lebar serta lentur dibanding pejantan.

Tanda Lovebird Jantan Dewasa
  • Mempunyai ukuran supit urang yng lebih kaku serta sempit dibanding betina.
  • Terkadang terlihat menggesek-gesekan pantatnya ke tangkringan, nah andaikan kamu melihat kalakuan burung jantan demikian segera diternak, karena bila kelamaan bisa membuatnya susah kawin yang dengannya betina.

#3. Mulai menjodohkan lovebird
Langkah berikut merupakan menjodohkan serta mengawinkan lovebird. Satu hal yng bisa kamu lakukan disaat melakukan penjodohan paruh bengkok ini yakni mendekatkan kedua lovebird supaya orang-orang saling mengenal lantas berjodoh.
Tatkala pertama kali orang-orang diternak sebaiknya jangan langsung dikumpulkan jadi satu lantaran orang-orang bias saja berantem. Parahnya disaat orang-orang bertarung umumnya objek sasaran orang-orang merupakan kaki-kaki burung yang telah di sebutkan menjadikan mampu menghasilkan kakinya luka serta patah.
Adapun cara lain supaya kedua lovebird cepat berjodoh merupakan Suka menjemur kedua calon indukan lovebird saling berdekatan, yang dengannya begitu keduanya akan saling mengenal satu percis lain. Serta yng terperinci tingkat birahinya akan membaik menjadikan mampu memacunya supaya cepat berjodoh.
#4. Proses bertelur serta mengerami
Lovebird akan bertelur di dalam glodok yng sudah disediakan. Jangan tidak ingat tempat ia bertelur pula dilengkapi serutan kayu yng sudah kering lantas di di atasnya daun cemara kering ataupun rumput kering bagi atau bisa juga dikatakan untuk hasil lebih baik.
Burung pesolek ini mampu dikatakan bertelur normal tatkala jumlah telur yng diperoleh berjumlah minimal 4-5 butir. Bila tidak lebih dari itu maka produksinya mampu dikatakan tidak lebih baik ataupun mampu pula lantaran masih baru belajar bertelur, hal ini wajar.
Telur-telur lovebird akan muali dierami disaat seluruh telur telah keluar seluruh dalam tubuh induk betina, lama pengeraman akan berlangsung hingga 22-25 hari.
Sebaiknya selama proses mengerami kedua indukan jangan sesekali diganggu yang dengannya tatacara Suka melihat telur di dalam glodok supaya orang-orang tak stres menjadikan tidak sedikit fenomena lantas telur ditinggal tak dierami. Akan tetapi bila burung kamu telah terbiasa dilihat telurnya ataupun anakannya disaat diloloh itu tak masalah. Andai tak terbiasa... lebih baik jangan.
#5. Makanan anakan lovebird
Lebih tepatnya adalah makanan indukan lovebird yng tengah meloloh anakan baru menetas sampai-sampai siap sapih. Pakan khusus anakan lovebird yng baru menetas adalah satu dari sekian banyaknya faktor penentu keberhasilan kamu dalam beternak lovebird ini. Pasalnya andai kamu sembarangan dalam memberikan pakan indukan yng tengah meloloh piyik maka bisnis kamu selama ini mampu gagal karena piyik-piyik lovebird yag sudah sukses menetas yang telah di sebutkan mampu mati lantaran pakan yng dikonsumsi tidak lebih tepat.
Pakan lovebird yng tengah menyuapi anakan merupakan jagung muda serta por fancy yng warna hijau akan tetapi rekan-rekan pula Suka memberikan por ayam pedaging yang dengannya harapan piyik lebih cepat bongsor serta tak gampang mati, diluar dugaan betul anakan jadi cepat besar. Namun jangan tidak ingat bagi atau bisa juga dikatakan untuk tetap memberikan pakan biji-bijian mix karena itulah makanan utama lovebird.
#6. Menyapih anakan lovebird
Ada dua tatacara yng mampu kamu lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyapih anakan lovebird. Pertama kamu menyapih anakan disaat umurnya baru 2-3 minggu. Pada usia segitu anakan masih belum mampu mampu berdiri diatas kaki sendiri untuk itu kamu pun Perlu meloloh piyik yang telah di sebutkan, adapun tujuan menyapih anakan di usia dini supaya kedua indukan cepat bertelur kembali.
Namun andai kamu tak mau repot-repot meloloh anakan sendiri sebaiknya membiarkan kedua indukan membesarkan anakannya sendiri. Penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk selalu meneydiakan makanan yng cukup di dalam sangkar supaya orang-orang tak kekurangan pakan menjadikan mampu berpengaruh terhadap kebugaran atau kesehatan serta pertumbuhan anakan lovebird yang telah di sebutkan.
Seusai anakan keluar dari sarang yakni sekitar umur 1,5 bulanan maka siap-siap dipisah, lantas sangkar serta glodok bersihkan dan bahan sarang sebaiknya dibuang serta diganti yng baru. Lantas kedua indukan dimandikan lantas dijemur dalam artian dikondisikan lagi bagi atau bisa juga dikatakan untuk beberapa hari supaya orang-orang siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk berkembang biak kembali.
Cara Tambahan
# Tentukan tujuan ternak lovebird
Idealnya sebelum mulai ternak lovebird kamu sebaiknya menentukan tujuan apakah bagi atau bisa juga dikatakan untuk produksi lovebird warna ataupun lovebird lomba. Pasalnya tatkala ini LB warna sudah mewarnai maraknya pasaran burung di tanah air serta ada pula yng tidak kalah fenomenal yakni lovebird kekean ataupun lovebird lomba pengertiannya burung yng dikhususkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk diturunkan di arena perlombaan burung kicau.
Nah andaikan kamu ingin mempunyai penghasilan tambahan yng lebih baik cobalah bagi atau bisa juga dikatakan untuk membudidayakan lb khusus lomba yang telah di sebutkan. Mengingat LB yng memiliki kualitas ngekek panjang serta gacor harganya terbilang tidak murah.
Biasanya lovebird kontes ataupun lomba lebih ditonjolkan pada kualitas ngekeknya yng panjang serta tidak banyak mengabaikan keindahan warna bulunya, yng penting ia mempunyai kualitas bunyi, cengkok dan lagu yng istimewa yang dengannya tarikan bunyi kekean yng relatif panjang.
Akan tetapi saya sarankan bagi atau bisa juga dikatakan untuk awal-awal cobalah bagi atau bisa juga dikatakan untuk beternak lovebird yng biasa saja dulu kelak andai telah sukses serta tau ilmunya kamu boleh mengembangkan ke varian yng lebih tinggi.
# Usia produktif lovebird
Usia burung lovebird yng ideal bagi atau bisa juga dikatakan untuk mampu dibudidayakan disaat umurnya telah 8 bulanan - 1 tahun. Nah pada waktu yang telah di sebutkan telah mampu kita mulai proses penjodohan yang dengannya tatacara menempelkan antara pejantan serta betina.
Yang dengannya beriringnya waktu orang-orang akan berjodoh serta bila telah berjodoh ditandai yang dengannya saling memadu beri ataupun kata lain saling bercumbu maka segera satukan dalam sangkar ternak yng telah dilengkapi yang dengannya glodok, makanan serta perlengkapan lain-lainnya.
Demikianlah analisis lengkap perihal Cara Ternak Lovebird yng bisa BurungBabe.com bagikan pada rekan-rekan penggemar burung lovebird khsususnya. Mudah-mudahan membantu serta memberikan manfaat.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.burungbabe.com/2016/03/ternak-lovebird.html.