Type something and hit enter

By On
advertise here

Burung Cantik Bondol Hijau Binglis (Pin Tailed Parrotfinch)

Burung Finch - Sebagaimana pada tulisan atau artikel sebelumnya, admin sudah menyebutkan bahwasanya diantara beberapa spesies burung dari genus Erythrura ... thumbnail 1 summary 5:06 AM Burung Finch - Sebagaimana pada tulisan atau artikel sebelumnya, admin sudah menyebutkan bahwasanya diantara beberapa spesies burung dari genus Erythrura tak tidak lebih dari 5 spesies diluar dugaan tersebar di wilayah nusantara. Diantara yakni; Bondol hijau dada-merah (Erythrura hyperythra), Bondol hijau binglis (Erythrura prasina, Bondol hijau triwarna (Erythrura tricolor), Bondol hijau muka-biru (Erythrura trichroa), serta Bondol hijau papua (Erythrura papuana).
Pada tulisan atau artikel ini admin akan fokus membahas satu dari sekian banyaknya dari spesies diatas yakni Bondol hijau binglis/Pin Tailed Parrotfinch (Erythrura prasina). Pemaparan di artikel ini cuma akan bersifat garis besarnya/general saja lantaran bagi atau bisa juga dikatakan untuk hal lebih detail semisal tips perawataan serta penangkaran burung ini akan dikupas di tulisan atau artikel lain-lainnya yng berjudul “Cara Merawat Bondol Hijau Binglis (Pin Tailed Parrotfinch)”.
Bondol hijau binglis/Pin Tailed Parrotfinch adalah satu dari sekian banyaknya jenis finch yng berukuran cukup mungil meskipun pada jenis lain-lainnya mampu jauh lebih mungil dari ukuran burung ini. Ukuran tubuhnya mencapai panjang sekitar 15cm. Bondol hijau binglis salah satunya spesies yng Amat indah dari sekian tidak sedikit spesies bondol hijau yng ada. Berlebi lagi pada burung jantan. Bondol hijau binglis jantan pada tubuh bagian atasnya berwarna hijau, pada bagian kepala serta mukanya berwarna biru yng menawan. Sedangkan tubuh bagian bawahnya berwarna kuning agak kecoklatan serta gradiasi oleh perpaduan warna merah pada bagian sedang yang dengannya tunggir lantas berlanjut ke bagian ekornya yang dengannya warna merah yng lebih menyala menjadikan terkesan eksotis.
Bondol Hijau Binglis Jantan
Bondol hijau binglis betina warna-nya lebih simpel di bandingkan yang dengannya jantan. Pada tubuh bagian atasnya berwarna kehijauan serta pada bagian bawah sampai-sampai ekornya berwarna kuning keemasan. Ekor pada burung betina lebih pendek daripada burung jantan.
Bondol Hijau Binglis Betina
Di Jawa Barat, bondol hijau binglis dikenal yang dengannya nama gelatik ngunguk. Sedangkan di Sumatera dikenal yang dengannya sebutan Terahan. Di Kalimantan (Dayak), Burung ini disebut menjadi Pipit Lansi. Burung ini umumnya bisa didapati di daerah persawahan berbaur yang dengannya kawanan burung finch lain-lainnya semisal burung gelatik, emprit, pipit ,dsb.
Tatkala ini populasi di Indonesia bondol hijau binglis makin menurun dari waktu kewaktu. Turunnya populasi burung ini penyebabnya yaitu antara lain oleh makin berkurangnya lahan persawahan yng adalah sumber pakan serta lahan hidup bagi burung ini. Disamping itu pula penyebabnya yaitu oleh perburuan liar serta penangkapan bagi atau bisa juga dikatakan untuk diperjual-belikan. Malah ramai sekali yng ditangkap bagi atau bisa juga dikatakan untuk diekspor ke luar negeri. Oleh lantaran itu saat ini tidak sedikit dari kalangan pecinta bondol hijau binglis yng mengawali bagi atau bisa juga dikatakan untuk menagkarkannya supaya para pecinta finch lain-lainnya mampu membeli dari hasil penangkaran bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah perburuan yng bisa berakibat pada punahnya populasi burung ini di alam. [Red.Burung Finch: 11/2016]


Sumber rujukan dan gambar : http://burungfinch.blogspot.com/2016/11/burung-cantik-bondol-hijau-binglis-pin.html.