Type something and hit enter

By On
advertise here
Rahasia Sukses Ternak Lovebird Untuk Pemula
Rahasia Sukses Ternak Lovebird Untuk Pemula

Selamat datang kembali di blog Kicau Alam, di artikel ini kami mengulas perihal Rahasia Sukses Ternak Lovebird Untuk Pemula. Tentunya bagi Kamu yng pecinta burung telah tak asing lagi yang dengannya jenis burung yng satu ini, bentuknya yng cantik serta unik menjadikan burung ini menjadi satu dari sekian banyaknya burung yng patut bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipelihara.
Pada tahun 2013 yng lantas burung cinta ini pernah sempet mengalami penurunan harga, menjadikan membuat kecemasan bagi peternak ataupun orang yng hobby mengoleksi burung. Akan tetapi di tahun ini, harganya telah mulai pulih kembali lantaran memanglah burung ini mempunyai keistimewan yng susah bagi atau bisa juga dikatakan untuk ditandangi jenis burung-burung lain.
Oke, mari kita langsung ulas langkah-langkah pelihara ataupun ternak lovebird si burung cinta
1. Persiapan sangkar ataupun sangkar
Persiapkan perlengkapan bagi atau bisa juga dikatakan untuk sangkar lovebird mempergunakan kawat ram ataupun jenis sangkar besi yang dengannya ukuran PxLxT 50x50x50 cm yng mampu dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk sepasang lovebird. Selain itu persiapkan juga tempat bagi atau bisa juga dikatakan untuk bertelur yang dengannya memakai kotak kayu yang dengannya ukuran PxLxT 25x20x25 cm serta jangan tidak ingat pasang tempat tenggeran burung.
2. Pemilihan Bibit Lovebird
Di Indonesia terdapat macam-macam jenis lovebird mulai dari lovebird mawar, fisher lovebird, serta lovebird leher kuning. Dari jenis-jenis lovebird yng kami sebutkan yang telah di sebutkan, semuanya mempunyai sifat not sexually dimorphic yng pengertiannya antara si jantan serta betina memiliki bentuk yng percis ataupun mampu dikatakan kembar identik. Dilihat secara fisik memanglah burung lovebird cukup sulit bagi atau bisa juga dikatakan untuk dibedakan, dibutuhkan pengalaman dan teknik khusus.
Kadang kala peternak tertipu yang dengannya sepasang lovebird yng kelihatannya kawin akan tetapi diluar dugaan kedua burung yang telah di sebutkan memiliki jenis kelamin yng percis. Tatacara membedakan kelaminnya yakni memasangkan sepasang lovebird dalam satu sangkar, andai dalam 2 minggu sesudah masa kawin tak menghasilkan telur maka jenis lovebird yng dipasangkan tadi mampu disebut berkelamin jantan. Akan tetapi andai dalam 2 minggu lovebird bertelur lebih dari 6 butir mampu diindikasikan jenis lovebird yang telah di sebutkan betina seluruh. Pada biasanya peternak membedakan jenis kelamin jantan serta betina burung lovebird yang dengannya tips meraba tulang belakangnya. Andai kedua jarak tulang supitnya renggang serta terasa lentur, maka diprediksi burung yang telah di sebutkan berkelamin betina. Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk jenis kelamin jantan tulang supit nya sempit serta terasa agak keras. Akan tetapi tips di atas belum tentu benar 100%, tips yng paling tepat serta benar merupakan melalui tes darah, akan tetapi tips ini dibutuhkan biaya yng banyak sekali
3. Usia Produksi Lovebird
Usia ideal lovebird mulai bertelur yakni pada usia 1 tahun. Walaupun mampu bertelur pada usia 8 bulan akan tetapi hasil nya tidak lebih tidak jelek alias bagus serta Suka berlangsung kegagalan penetasan lantaran lovebird belum siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk bereproduksi.
4. Masa Perjodohan
Bagi Kamu yng ingin mengawali beternak lovebird butuh memperhatikan beberapa hal dalam masa perjodohan. Burung ini mempunyai perilaku yng unik, cuma mau kawin pada satu pasangannya sampai-sampai ajal menjemput. Kalau kita-kita ibarat film romeo serta juliet 😀 . Maka butuh sebuah penanganan khusus supaya kita mampu tepat dalam memilihkan pasangan hidup si burung cinta ini.
Tatacara penjodohan lovebird yang dengannya mendekatkan kedua sangkarnya, masing-masing berda pada sangkar yng berbeda. Andaikan kedua burung ini berdekatan selama 3 – 7 hari, mampu dipastikan sepasang lovebird yang telah di sebutkan berjodoh. Proses perjodohan akan berjalan lebih cepat andai lovebird memasuki masa birahi.
Tanda-ciri lovebird masuk masa birahi andaikan ditandai yang dengannya kicauan burung yng makin nyaring, bagi atau bisa juga dikatakan untuk pejantan terlihat begitu proaktif yang dengannya merunduk sembari membuka sayapnya yang dengannya posisi ekor yng gerak naik turun. Andaikan kedua pasangan sejoli ini telah berjodoh, sebaiknya segera disatukan dalam satu sangkar penakaran.
Akan tetapi andai telah disatukan, akan tetapi kedua burung saling bekejaran maka mampu dipastikan burung btersebut tak cocok. Cobalah lakukan penjodohan ulang yang dengannya lovebird yng lain. Ataupun andai Kamu mempunyai tidak sedikit lovebird ataupun paling tak 5 pasangan, mampu dijadikan dalam satu sangkar besar agar bisa mampu menjumpai sendiri jodohnya. Jenis burung lovebird tak mengenal sebutan poligami ataupun poliandri semisal jenis burung lain. Umumnya kalau sepasang lovebird telah berjodoh maka langsung masuk ke glodok bagi atau bisa juga dikatakan untuk segera kawin serta bertelur. Andai demikian, Kamu pun tinggal mengalihkan ke tempat penangkaran.
5. Telur serta Pengeraman
Pasang glodok pada sangkar menjadi sarang bagi atau bisa juga dikatakan untuk tempat bertelur lovebird. Jangan tidak ingat bersiapkan pula alas pengeraman pada dasar glodok. Pada daerah asal aslinya lovebird membuat sarang dari bahan ranting pohon kecil, tangkai daun serta lain-lainnya. Oleh karenanya buat alas sangkar senyaman barangkali bagi atau bisa juga dikatakan untuk lovebird yang dengannya memberikan tangkai daun, ranting-ranting p0hon kecil, klobot (kulit jagung kering).
Pada biasanya sekali beranak lovebird mampu menghasilkan 4-6 butir telur. Kamu tak butuh khawatir andaikan indukan tak segera mengeram, lantaran umumnya lovebird akan segera mengerami disaat telur yng ketiga telah keluar. Pada masa pengeraman, indukan betina umumnya sesekali keluar dari glodok bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencari makan, ataupun cuma sekadar merentangkan sayap.
6. Penetasan Telur
Masa pengeraman telur lovebird sampai-sampai menetas memerlukan waktu sekitar 21-23 hari. Ada sesuatu yng menarik pada masa penetasan, lovebird mampu butuh waktu penetasan sampai-sampai 24 jam. Kamu tak butuh cemas, hal ini lantaran anak lovebird butuh penyesuaian yang dengannya lingkungan baru. Kami sarankan, Kamu tak butuh intervensi lovebird pada masa penetasan lantaran mampu memicu anak lovebird tumbuh secara tak normal. Umumnya pada masa pertama tak seluruh telur lovebird mampu menetas seluruh. Hal ini wajar serta alami, Kamu tak butuh merisaukannya. Masa-masa produktif lovebird berlangsung sesudah masa telur yng kedua serta selanjutnya,
Terjadinya kemandulan pada telur lovebird berlangsung lantaran indukan terlalu muda, kondisi sangkar yng tak bersih dan nutrisinya tidak lebih serta gizi tidak baik. Andaikan kemandulan berlangsung terus-menerus, maka Kamu patut curiga. Periksa cangkang telur lovebird yag tak menetas lantas lihatlah perkembangan embrio telur yang telah di sebutkan. Andaikan di dalam telur lovebird masih ada embrio akan tetapi 1/2 jadi, mampu diinkasikan berlangsung kesalahan pada masa pengeraman telurnya ataupun mampu saja telurnya keluar sarang yng akhirnya telur tak dierami induknya.
7. Pakan anak burung lovebird
Agar bisa produktifitas indukan lovebird meningkat, sebaiknya anak lovebird disapih (dipisah dari indukan) pada umur 10-14 hari. Hal ini pula mempunyai keuntungan tersendiri lantaran anak lovebird mampu menjadi semakin jinak yng akan menaikan nilai jual. Kamu mampu meletakkan anak lovebird pada sebuah kotak yang dengannya alas kain yng diterangi dengam lampu 5 watt bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi kehangatan anak lovebird.
Untuk pakan anak lovebird, Kamu mampu memberikan bubur bayi instan yng tersedia di pasaran. Tatacara pemberiannya yang dengannya mencampurkan mempergunakan air Anget. Anak lovebird yng masih bayi mempergunakan campuran pakan yng tak terlalu kental, yang dengannya bertambahnya umur sebaiknya tingkat kekentalan makanan ditambah. Kamu mampu mempergunakan jarum suntik bagi atau bisa juga dikatakan untuk meloloh. Lakukan pemberian pakan 4 jam sekali secara teratur.

About ALAMSYAH SHARIF

This is a short description in the author block about the author. You suting it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

Sumber rujukan dan gambar : http://bandarkicau.blogspot.com/2015/07/rahasia-sukses-ternak-lovebird-untuk.html.