Type something and hit enter

By On
advertise here

CARA BETERNAK BURUNG IMPORT | BURUNG MACAW DAN AFRICAN GREY
CARA BETERNAK BURUNG IMPORT | BURUNG MACAW DAN AFRICAN GREY

Cara Beternak Macaw& African Grey


Membagikan Cara tips menangkar Burung Import Macaw
Saya telah lama menekuni usaha penetasan serta pembesaran aneka macam jenis burung paruh bengkok (parrot), mulai dari macaw, hans macaw, conure, sampai-sampai grey parrot. Cuma berbekal sebuah mesin tetas serta boks inkubator simpel bagi atau bisa juga dikatakan untuk perawatan piyik yng baru menetas,
Butuh kesabaran serta ketelatenan dalam penetasan telur serta pembesaran anakan parrot.Berbeda dari penangkar burung pada biasanya,Saya memilih fokus dalam penetasan serta pembesaran burung, khususnya burung paruh bengkok. Ia tak terlibat dalam proses penangkaran burung. Lantas, dari mana telur-telur yng ditetaskannya?
Ini dia uniknya.Saya rutin berburu telur burung paruh bengkok ke sejumlah breeder, baik yng ada di dalam negeri ataupun luar negeri. Kalau breeder mancanegara, umumnya Saya memilih Malaysia.
“Membeli telur tetas dari para breeder lebih hemat daripada membeli anakan. Selain itu, tidak terlalu repot dengan urusan penangkaran burung. Jadi tugas saya hanya menetaskan, lalu membesarkan piyikan. Tetapi membesarkan piyikan parrot tidak mudah lho,”
CARA BETERNAK BURUNG IMPORT | BURUNG MACAW DAN AFRICAN GREY

Mesin tetas telur parrot Telur-telur yang telah di sebutkan lantas ditetaskan mempergunakan mesin penetas. Begitu menetas, piyik langsung dipindahkan ke boks inkubator hingga umur 3 hari. Selanjutnya dirawat di sangkar pembesaran hingga masa panen (siap jual).
Boks inkubatornya pun simpel, cuma terbuat dari bahan tripleks, yng diberi penutup kain, dan dilengkapi yang dengannya 3 buah lampu pijar masing-masing berdaya listrik 5 watt. Tatkala mampir ke rumahnya, di dalam inkubator tergolek piyikan macaw, conure, serta grey parrot.
Penetasan telur parrot
Adapun mesin tetas, walau cuma 1 unit, mampu menampung puluhan telur. Suhu penetasan pada 3 hari pertama sekitar 38 o Celsius, lantas mulai hari ke-4 diturunkan tidak banyak. Lama penetasan berbeda-beda pendapat dari jenis burungnya. Kalau telur macaw sekitar 28 hari, sedangkan grey parrot maksimal cuma 21 hari.
Menjelang menetas, telur ditempatkan dalam kotak kecil yng dilapisi tisu, supaya piyikan yng baru menetas lebih nyaman. Seusai menetas, piyik tak butuh diberi makan sampai-sampai 10 jam, serta tetap dibiarkan dalam mesin tetas.
“Anakan yang baru menetas jangan sekali-sekali langsung diberi makanan, sebab malah bisa mati. Setelah 10 jam, barulah piyik dipindah ke inkubator,”
Telur burung parrot dalam kondisi siap menetas Anakan burung parrot mulai menetas. Piyik berada dalam inkubator sampai-sampai umur 3 hari. Umur 1-3 adalah masa kritis bagi anakan burung paruh bengkok, lantaran itu inkubator Perlu dilengkapi yang dengannya lampu pijar menjadi penghangat. Suhu sangkar setara yang dengannya suhu tatkala berada di mesin tetas (37 – 38 o Celcius), serta itu mampu tercukupi melalui lampu pijar 5 Watt sebanyk 3 buah.
Anakan umur 1-3 hari dipindahkan dalam boks inkubator. Seusai berumur 3 hari, anakan dipindahkan ke sangkar khusus pembesaran, yang dengannya suhu sangkar sekitar 32,6 o Celsius. Setiap ekor dipelihara dalam satu sangkar yng diberi alas tisu. Burung yng telah dipindahkan ke sangkar pembesaran umumnya telah melewati masa kritis serta aman.
“Kita tinggal memberinya makanan sesuai dengan jadwal. Agar tidak lupa, saya selalu menggunakan alarm khusus. Setiap dua jam sekali bunyi, sebagai pertanda jam makan bagi anakan burung sudah tiba,” ujarnya sembari tersenyum.
Pakan anakan burung parrot berupa tepung khusus menjadi asupannya. Namanya tepung Kayiee, produk impor yng pula dijual di toko burungnya. Tepung ini memanglah khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk anakan parrot.
Tatacara meloloh anakan parrot
Meloloh anakan parrot mempergunakan pipet. Tidak sedikit breeder kesulitan disaat memberikan pakan kepada piyik / anakan parrot yng baru menetas. Maklumlah, selain masih rentan, anakan burung ini butuh penyesuaian yang dengannya udara di sekitarnya. Pelolohannya pula tak gampang, butuh kesabaran serta ketelatenan.
Yang akan di sajikan kali ini tatacaranya meloloh anakan parrot :
  • Siapkan adonan tepung khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk anakan parrot, lantas tuangkan tidak banyak air Anget supaya menjadi bubur.
  • Anakan burung dipegang yang dengannya jari serta jempol, sembari dielus-elus lebih-lebih bagian paruhnya. Yang dengannya begitu, seakan anakan terasa diloloh indukannya.
  • Bubur tepung diambil yang dengannya mempergunakan pipet, dalam porsi tidak banyak, ataupun cukup sekitar 80% daya tamping temboloknya. Andai terlalu tidak sedikit, anakan mampu mati lantaran tembolok tak kuat menampung makanan.
  • Seusai diberi pakan, paruh anakan dibersihkan yang dengannya kapas yng telah dibasuh yang dengannya air Anget. Tujuannya supaya sisa makanan tak menempel pada tepi paruh yng Suka berusaha mendatangkan bakteri
— Problem yng Suka dihadapi antara lain tembolok piyikan yng kembung. Belum diisi pakan, akan tetapi tembolok terlihat semisal telah penuh. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengantisipasi hal ini, Saya umumnya mencampur setetes obat maag cair yng biasa dipakai kita-kita.
“Obat ini dicampurkan dengan bubur tepung untuk meloloh anakan. Karena obat maag itu mengandung mint, jadi tembolok burung tidak kembung saat mengkonsumsi makanan,”
Anakan yng telah berumur 1 bulan telah mampu makan sendiri serta siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijual. Harganya Mampu Kamu Cek Disini
— Lantaran kepakarannya, Saya kerap dimintai bantuan sesama breeder yng Suka gagal dalam penetasan telur. Malah beberapa rekan penangkar Suka menitipkan telur bagi atau bisa juga dikatakan untuk ditetaskan di rumahnya.
“Dengan menggunakan mesin, telur yang gagal menetas biasanya jadi menetas. Anakan pun sering dititipkan untuk dirawat di sini hingga besar,”
Mudah-mudahan mampu menjadi inspirasi bagi Kamu.

About ALAMSYAH SHARIF

This is a short description in the author block about the author. You suting it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

Sumber rujukan dan gambar : http://bandarkicau.blogspot.com/2015/07/cara-beternak-burung-import-burung.html.